get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Hari Raya Nyepi di Tengah Pandemi, Umat Hindu Sidoarjo Merayakan Tanpa Ogoh-ogoh

Rabu, 02 Maret 2022 | 19:12 WIB
header img
Umat Hindu Sidoarjo menggelar upacara tawur agung kesanga di Pura Penataran Agung Margo Wening, Rabu, (2/3/2022).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 pada Kamis, 3 Maret 2022. Umat Hindu di Kabupaten Sidoarjo hari ini mulai menggelar Upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Penataran Agung Margo Wening, di Desa Balong Garut, Kecamatan krembung, Sidoarjo.

Menurut Gede Nyoman Suwartana, pemangku Pura Penataran Agung Margo Wening, dalam upacara ini jumlah umat yang hadir lebih banyak dibandingkan tahun lalu, saat wabah pandemi covid-19 mengganas.

Meski demikian, dalam prosesi upacara tersebut, pihak Pura menerapkan ketat protokol kesehatan.

“Pada Upacara Tawur Agung Kesanga pada hari ini ada sedikit perbedaan dibandingkan tahun lalu. Pada saat pandemi sedang ramai ramainya, dimana pada tahun itu kita dibatasi untuk umat yang hadir. Sementara hari ini memang dibatasi, cuma tambah sedikit, sehingga agak meriah," ungkap, Rabu (2/3/2022).

Suwartaman Untuk Perayaan Hari Raya Nyepi, Kamis esok hari, pihak Pura Penataran Agung Margo Wening, mengharapkan umat Hindu yang datang ke Pura wajib menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Selain itu, sesuai dengan kebijakan Parisada Dharma Hindu Indonesia (PDHI) Sidoarjo, dipastikan tidak menggelar Ogoh-ogoh seperti saat Perayaan Hari Raya Nyepi sebelum pandemi covid-19.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan orang saat acara berlangsung. “Pihak PDHI Sidoarjo mengambil kebijakan tidak mengelar Ogoh ogoh, karena kita menghindari ngumpulnya orang banyak. Dimana kita sangat mendukung program pemerintah, supaya bangsa kita ini segera dapat keluar dari pandemi covid-19.” Ujar Suwartana

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut