get app
inews
Aa Read Next : Semangat Baru untuk Jawa Timur! Adhy Karyono Tekankan Persatuan dan Kolaborasi

Masjid di Sidoarjo Ini Tuntaskan Kurban 41 Sapi dan 25 Kambing Hanya Hitungan Jam

Rabu, 19 Juni 2024 | 21:20 WIB
header img
Panitia Kurban Masjid Siti Suci Nur Rohmah di Perum Magersari ketika sibuk membungkus daging kurban. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNews.id - Total sebanyak 41 sapi dan 25 kambing hewan kurban yang telah disembelih Panitia Kurban Masjid Siti Suci Nur Rohmah di Perumahan Magersari, Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo pada Lebaran Hari Raya Idhul Adha 1445 H/2024.

Bahkan, puluhan hewan kurban itu tuntas disembelih dan didistribusikan hanya hitungan jam saja. Ya, proses penyembelihan hewan kurban itu dilakukan usai Sholat Idhul Adha pada Senin (17/6/2024) kemarin.

"Penyembelihan dimulai jam 08.00 WIB dan tuntas semua pada jam 16.00 WIB. Semua itu tuntas disembelih dan didistribusikan kepada penerima pada hari itu juga," ucap ucap Ketua Takmir Masjid Siti Suci Nur Rohmah, H. S Makin Rahmat.

Abah makin mengungkapkan, pihaknya mendatangkan 10 jagal profesional untuk menyembelih puluhan sapi dan belasan kambing. Tak hanya itu, untuk pemotongan daging juga disediakan mesin potong rakitan warga setempat.

“Ada 4 dari 5 mesin pemotong yang dioperasionalkan. Jadi semua cepat selesai,” ungkapnya.

Tak hanya itu, proses yang cepat itu juga tak lepas dari keguyuban warga Perum Magersari yang memiliki peran masing-masing dalam setiap proses, mulai pemotongan daging hingga pendistrubusian hewan kurban. Bahkan, proses tersebut juga diawasi oleh 2 dokter hewan yang notabenya warga setempat.

"Ada sekitar 400 orang lebih yang ikut membantu. Ini guyup sekali, punya peran masing-masing. Jadi cepat selesai," jelasnya.


Warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Sidoarjo ketika mengantri pembagian daging kurban di Masjid Siti Suci Nur Rohmah. (Foto : ist).
 
Sementara untuk pendistribusian daging kurban tersebut, pihak panitia tidak khawatir kewalahan, sebab telah memiliki list siapa saja yang menerima dari warga setempat hingga penerima di luar Perum Magersari, mulai lembaga penerima diantaranya yayasan panti asuhan, majelis taklim, guru TPQ hingga para fakir miskin.

Meski demikian, Aba Makin sangat bersyukur dari tahun ke tahun saat Hari Raya Idhul Adha selalu banyak jemaah yang berkurban. Bahkan, program tersebut sudah 12 tahun berjalan dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan.

“Alhamdulillah kami bersyukur melalui program menabung kurban rutin yang diinisiasi jamaah warga Perumahan Magersari setiap tahun bisa berkurban, bisa bermanfaat bagi semua orang. Semoga beliau semua selalu mendapat perlindungan Allah SWT,” doanya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut