get app
inews
Aa Read Next : Hal yang Kerap Dialami Pemain Sepakbola, Fenomena Lidah Tertelan?

UPTD ABK Sidoarjo, Kenalkan Buku Panduan Artikulasi Latihan Konsonan

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:13 WIB
header img
Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo, Nishrina Khamida, M.Psi., Psikolog.

SIDOARJO, iNews.id-Buku merupakan sarana dalam proses belajar mengajar pada anak - anak didik di sekolah. Buku panduan artikulasi latihan konsonan merupakan inisiatif yang bertujuan untuk menyediakan sumber daya praktis dan terstruktur bagi individu dalam meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan.

Artikulasi merupakan pengucapan bunyi bahasa yang polanya menggunakan gerakan otot mulut saat berbicara.

Termasuk saat mengucapkan huruf vokal 'a,i, u, e, o' dan pola-pola bunyian lainnya. Untuk menghasilkan bunyi konsonan seperti huruf /m/, lidah menyentuh langit-langit mulut.

Posisi lidah yang tepat sangat penting untuk artikulasi yang jelas dan mudah dipahami.

Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo, Nishrina Khamida, M.Psi., Psikolog sangat mengapresiasi adanya kolaborasi dengan para mahasiswa PLB UNESA dalam memperkenalkan buku panduan artikulasi latihan konsonan dalam mempermudah proses pelayanan serta belajar anak – anak disabilitas.

“Kedatangan mahasiswa UNESA yang menjalankan proses magang dan KKN ini tentunya sangat membantu sekali seperti membuat media pembelajaran untuk anak – anak. Harapannya mengingat ada ratusan anak – anak disabilitas disini baik tuna rungu, terapis atau pendampingan dengan kebutuhan khusus lain dengan program ini bisa membantu dan saling share ilmu kedepannya” ungkapnya pada Kamis (13/6/2024).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut