get app
inews
Aa Read Next : Video viral Seorang Pria Terpaksa Dievakuasi Polisi dan TNI

Tembak Anggota KKB Pasukan Elite Jajaran Koops TNI Habema Langsung Beraksi saat Teror Distrik Sugapa

Rabu, 05 Juni 2024 | 16:27 WIB
header img
Koops TNI HABEMA menerjunkan pasukan elte jajarannya, untuk menyelamatkan warga Distrik Sugapa yang panik dan ketakutan akibat ulah teror OPM . Foto Kapen Kogabwilhan III

SUGAPA, iNewsSidoarjo - Organisasi Papua Merdeka (OPM) tidak jera mengganggu keamanan dan kenyamanan warga Papua. Kali ini, giliran Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, tepatnya di Kampung Bazemba, yang ditekan dan diganggu keamanan serta kenyamanan hidupnya oleh OPM atau KKB.

Menindaklanjuti hasil pantauan, maka Pasukan elite jajaran Koops HABEMA mengarahkan tembakan terbidik ke arah anggota OPM yang membawa senjata dan berhasil mengenai sasaran. Terlihat dari hasil pantauan, pasca penembakan tersebut, kelompok OPM kabur melarikan diri dan meninggalkan Kampung Wandoga, serta membawa pergi rekannya yang tertembak.

"Keberhasilan Operasi Penindakan Koops HABEMA terhadap Kelompok OPM pimpinan Apeni Kobogau di Kampung Bazemba dan Kampung Wandoga, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, merupakan upaya menciptakan keamanan wilayah yang akan mendukung proses percepatan pembangunan Papua," kata Letjen TNI Richard TH Tampubolon pasca operasi dilancarkan, dilansir dari iNewsSukabumi.id pada Rabu (5/6/2024).

Adapun, seorang tokoh OPM bernama Apeni Kobogau bersama anak buahnya yang bersenjata telah berulang kali mendatangi dan mengganggu rumah-rumah warga Bazemba pada akhir Mei 2024 yang lalu. Mulai dari bahan makanan, hak milik warga, dan uang, telah diminta secara paksa, bahkan tak segan aniaya warga, oleh Kelompok OPM pimpinan Apeni Kobogau.

Tidak tahan terhadap tekanan dan gangguan tersebut, warga melaporkannya kepada Aparat Keamanan setempat. Dengan aksi cepat, Komando Operasi TNI (Koops TNI) HABEMA langsung menerjunkan beberapa Tim Prajurit TNI yang berada di bawah komandonya, untuk segera menyelamatkan warga Distrik Sugapa yang sangat panik dan ketakutan akibat ulah OPM tersebut.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut