get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Kapal Laut Pemprov Jatim Sukses Angkut Ribuan Pemudik Pulau Raas

Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim Melayani 563 Masyarakat di Pulau Raas

Rabu, 22 Mei 2024 | 22:32 WIB
header img
Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak Pemprov Jatim saat berikan pelayanan kesehatan dilaksanakan di Pulau Raas Kabupaten Sumenep. Kamis (17/5/2024).

SURABAYA, iNews.id - Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak Pemprov Jatim kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan terpencil di Jawa Timur. Kali ini, pelayanan kesehatan dilaksanakan di Pulau Raas Kabupaten Sumenep pada tanggal 17-20 Mei 2024.

Selama empat hari, Tim Yankes Bergerak berhasil melayani sebanyak 563 masyarakat Pulau Raas. Layanan kesehatan yang diberikan meliputi layanan kesehatan dasar sesuai permasalahan kondisi setempat, dan juga kesehatan spesialistik seperti kesehatan mata, bedah, obgyn dan THT.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD-KPTI., FINASIM., menyatakan bahwa Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Tim Yankes terdiri dari RSUD Dr Soetomo, RSUD Haji Prov. Jatim, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, Organisasi Profesi Kesehatan Tradisional, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan lintas sektor terkait," kata Erwin. Rabu, (22/5/2024).

Pada proses pelayaran Tim Yankes Bergerak ke Pulau Raas kali ini dimudahkan dengan adanya kapal KM. Gandha Nusantara 01. Kapal ini telah beroperasi mendukung kegiatan pelayanan kesehatan sejak tahun 2021 dan merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan. Pada tahun 2024 ini, kapal dioperasikan oleh PT. Radhika Bahari Nusantara melalui mekanisme E-Katalog.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut