get app
inews
Aa Read Next : Viral Aksi Pj Gubernur Jabar Tanggapi Santai, Saat Dinilai Pantai Cibutut Paling Kotor Ke 4

Nenek Engkah Calhaj Tertua Hampir 1 Abad di Sukabumi, Kuat Jalan Kaki Tanpa Tongkat

Jum'at, 10 Mei 2024 | 08:27 WIB
header img
Nenek Engkah Soleh, calon jemaah haji 2024 asal Kabupaten Sukabumi yang berusia 99 tahun. (Foto : Ilham/iNews).

SUKABUMI, iNewsSidoarjo.id – Nenek Engkah Soleh adalah calon jamaah haji (calhaj) tertua dari Kabupaten Sukabumi karena nenek ini lahir 6 Februari 1925 sehingga usianya genap 99 tahun atau hampir 1 abad .

Saat ditemui di rumahnya, di Kampung Ciseke, RT. 28/06, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Nenek Engkah masih terlihat cukup sehat dari fisiknya. Mungkin hanya pendengaran saja yang mulai berkurang.

Meski usianya hampir satu abad ternyata kondisi fisik Nenek Engkah masih bugar. Bahkan, dia kerap kali berjalan kaki sendiri dari rumahnya ke kampung sebelah yang jaraknya ketika ditempuh berjalan kaki beberapa kilometer tanpa tongkat.

Engkah yang ditemani anak Pertama Hj Solihat (70) dan Bungsunya Titin (52) beserta cucunya bercerita, bagaimana dia akhirnya bisa berangkat haji pada tahun 2024 ini.

Menurut Titin, Nenek Engkah mendaftar haji pada tahun 2013. "Daftarnya tahun 2013, nah rencana tahun ini berangkat bertiga, Nenek Engkah, bersama anak pertamanya Hj Solihat dan mertuanya H Kosasih," ucap Titin (52), dilansir dari iNewsSukabumi.id pada Kamis (9/5/2024).

Jika dilihat dari segi ingatan dan kondisi fisiknya masih cukup bagus. Bahkan ketika berjalan kaki dan fisik wajahnya pun terlihat layaknya seseorang yang masih berusia 70 tahunan.

Sejak daftar pada 2013 Nenek Engkah sudah tiga kali ditetapkan untuk berangkat. Namun karena khawatir harus pergi sendiri tanpa ada pendampingan keluarga akhirnya diundur.

"Tahun 2021 sampai 2023 itu sudah ada panggilan berangkat. Karena hanya sendiri jadi di undur karena ingin berbarengan dengan anaknya," ucapnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut