get app
inews
Aa Read Next : Netanyahu Tak Mau Akui Negara Palestina, Pangeran Saudi: Tak Ada Normalisasi Hubungan Arab-Israel

Sara! Robot Wanita Saudi Dirancang Tak Bicara Seks, Berbahasa Arab dan Memakai Abaya

Kamis, 28 Maret 2024 | 07:12 WIB
header img
Sara, robot wanita saudi memakai abaya dan dirancang tak bicarakan seks. Foto: ist

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Sebuah pekan setelah perilisan robot pria Muhammed, pencipta mengungkapkan versi perempuannya.

Diberi nama Sara, robot ini diprogram untuk menolak pembicaraan tentang seks dan politik. Menurut Elie Metri, CEO QSS AI & Robots, Sara digambarkan sebagai seorang gadis berusia 25 tahun dengan tinggi 1,62 meter, mengenakan pakaian tradisional Saudi.

Elie menyatakan bahwa rekan Sara, Muhammed, memiliki sikap yang kaku, yang dianggap terlalu manusiawi dalam interaksi dekat.

"Ketika manusia berbicara, mereka menggunakan gerakan tangan. Kami bukanlah boneka. Prinsip yang sama berlaku untuk robot," kata Elie, dilansir dari iNews.id pada Kamis (28/3/2024).

Membahas topik seks secara terbuka dianggap ilegal bagi perempuan Saudi menurut hukum Syariah. Seperti Muhammed yang mengenakan pakaian tradisional Saudi seperti akeffiyeh merah, Sara mengenakan abaya tradisional, gaun sederhana, dan hijab.

Keduanya merupakan simbol dari kesalehan Islam di Timur Tengah yang kaya akan minyak. Manuver Elie menyebutkan bahwa Sara mampu berbicara dalam bahasa Inggris dan Arab.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut