get app
inews
Aa Read Next : Wali Songo, Sosok yang Berpengaruh di Majapahit hingga Cucu Prabu Siliwangi

Mengenal Sosok Sunan Giri, Wali Songo Keturunan ke-15 dari Nabi Muhammad SAW

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:17 WIB
header img
Raden Paku atau nama muda Sunan Giri (Ilustrasi/Okezone)

MALANG, iNewsSidoarjo.id - Sunan Giri merupakan salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Sosoknya dikenal sebagai wali songo yang memiliki sejumlah karomah. Bahkan Sunan Giri yang bernama asli Raden Paku ini merupakan keturunan dari Nabi Muhammad SAW.

Sunan Giri menjadi generasi ke-15 dari nabi akhir zaman Rasulullah SAW. Meski demikian, belum ada catatan sejarah kuat yang meyakinkan Sunan Giri keturunan Nabi Muhammad.

Sebagaimana dikisahkan pada buku "Sunan Giri" tulisan Umar Hasyim, ada yang menamakan Syeikh ini dengan sebutan Syeikh Jamaluddin Kubra atau Syeikh Jamaluddin Jumadil Akbar.

Jika ditelusuri ke atas, silsilah ini konon sampai kepada Zainal Abidin, putra Sayyidina Khusain, putra Fatimah yang merupakan cucu Nabi Muhammad SAW dari anaknya yang bernama Fatimah. Artinya jika diruntut dari Nabi Muhammad SAW ke bawah, Sunan Giri generasi ke-15 dari Rasulullah sang Nabi dan rasul terakhir ini.

Namun Sunan Giri merupakan putra seorang ulama bernama Syeikh Maulana Ishak asal tanah Arab yang bermukim di Pasai, Aceh. Jika melihat silsilah, Syeikh Maulana Ishak merupakan putra dari Syeikh Zainal Kubra atau Zainal Akbar.

Sementara sang ibu dari Sunan Giri konon merupakan cucu raja Hindu dari Blambangan yang bernama Prabu Menak Sembuyu. Konon sang raja itu merupakan pengganti Wirabhumi atau Menak Jingga, putra raja Majapahit Hayam Wuruk.

Adapun Wrabhumi sendiri memerintah sampai tahun 1406. Putri Prabu Menak Sembuyu yang bernama Dewi Sekardudu inilah yang konon disebut sebagai ibu Sunan Giri. Sedangkan dengan Sunan Ampel, silsilah Sunan Giri bertemu pada Syeikh Jamaluddin Jumadil Kubra.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut