get app
inews
Aa Read Next : Bebaskan 4.000 Orang Napi, Geng-Geng Bersenjata Haiti Bobol Penjara Benarkah?

Ancam Perang Saudara! Pemimpin Geng Kriminal Haiti Minta PM Mundur

Kamis, 07 Maret 2024 | 18:41 WIB
header img
Pemimpin geng kriminal ancam perang saudara jika PM Haiti tidak mundur (Foto: Reuters)

HAITI, iNewsSidoarjo.id – Pemimpin geng kriminal di balik kekerasan yang melanda ibu kota Haiti telah memperingatkan akan terjadi 'perang saudara' jika Perdana Menteri (PM) Haiti Ariel Henry, tidak mundur.

Jimmy ‘Barbecue’ Chérizier melontarkan ancaman ketika anggota gengnya mencoba merebut bandara ibu kota untuk mencegah Henry kembali dari luar negeri.

Dikutip dari okzone.com pada Kamis (7/3/2024) melalui BBC, keberadaan Henry tidak diketahui selama berhari-hari hingga Selasa (5/3) malam, ketika ia menaiki penerbangan sewaan di New Jersey.

Laporan mengatakan Henry berencana mendarat di ibu kota Haiti, Port-au-Prince, namun karena bandara ditutup karena upaya geng untuk merebutnya. Negara tetangga, Republik Dominika, menolak pesawat tersebut, sehingga pilot akhirnya mendarat di wilayah Puerto Riko.

Media Haiti melaporkan bahwa Henry kini mencari rute alternatif untuk kembali ke negaranya sementara tekanan diplomatik tampaknya meningkat terhadapnya untuk menyetujui pemerintahan transisi.

Haiti telah dirusak oleh kekerasan geng selama bertahun-tahun. Namun ketika Henry sedang berkunjung ke Kenya minggu lalu, Barbecue memperburuk situasi.

Kunjungan ini untuk menyetujui kesepakatan bagi Kenya untuk memimpin operasi polisi multinasional guna meredam kekerasan di Haiti.

Adapun ‘Barbecue’ memperingatkan pada Selasa (5/3) bahwa jika Ariel Henry tidak mengundurkan diri, pihaknya akan akan langsung menuju perang saudara yang akan mengarah pada genosida.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut