get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Tank-tank Israel Terus Menusuk, 450.000 Warga Palestina Tinggalkan Rafah

Hujan Es Batu Berbentuk Kerikil Gemparkan Warga Sidoarjo

Senin, 26 Februari 2024 | 17:36 WIB
header img
Hujan es di Sidoarjo. Sabtu (26/2/2024).

SIDOARJO, iNews.id - Fenomena hujan es batu berbentuk kerikil menggemparkan warga Sidoarjo pada Senin (26/2) sore. Hujan es yang berlangsung selama 10 menit ini terjadi di beberapa titik di Kota Delta, termasuk Desa Gajah Magersari, Pagerwojo, Perum Pondok Jati, Taman Pinang, dan Jalan Gajah Kelurahan Magersari.

Catur, warga Desa Gajah Magersari, mengatakan bahwa dia kaget mendengar suara berisik saat hujan turun. Awalnya dia mengira ada orang yang melempari genteng rumahnya.

"Barusan terjadi hujan es, sekitar 10 menit, suaranya klotak-klotak," kata Catur.

Lebih lanjut ia menuturkan, hujan es terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu terjadi hujan deras disertai angin kencang, dan suara hujan es yang berbeda dengan biasanya membuat dia penasaran.

"Sebelumnya turun hujan sangat deras dan suaranya beda dengan biasanya," jelasnya.

Hujan es batu ini merupakan fenomena yang jarang terjadi di Sidoarjo. Hujan es batu terjadi akibat adanya awan cumulonimbus yang sangat tinggi dan kuat.

Awan ini menghasilkan butiran air yang membeku di ketinggian dan kemudian turun ke bumi sebagai hujan es. Meskipun hujan es batu ini tidak berbahaya bagi manusia, namun dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman dan benda-benda yang ada di luar ruangan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut