get app
inews
Aa Read Next : Ngeri! Tank-tank Israel Terus Menusuk, 450.000 Warga Palestina Tinggalkan Rafah

PCNU Sidoarjo Gelar Lailatul Ijtima, Resmikan Takmir Masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari

Senin, 18 Desember 2023 | 20:24 WIB
header img
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo menggelar Lailatul Ijtima dalam rangka 2 Tahun Khidmat PCNU Sidoarjo' di Masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Lingkar Timur Sidoarjo, Ahad (17/12) malam.

SIDOARJO, iNews.id - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo menggelar Lailatul Ijtima dalam rangka '2 Tahun Khidmat PCNU Sidoarjo' di Masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Lingkar Timur Sidoarjo, Ahad (17/12) malam.

Dalam kegiatan tersebut, PCNU Sidoarjo juga meresmikan takmir masjid sekaligus panitia pembangunan masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari.

Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin mengatakan, progres pembangunan masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari sudah mencapai 60 persen dan sudah dapat digunakan sebagai tempat ibadah.

"Masjid ini menjadi kebanggaan warga Sidoarjo karena menggambarkan ke-Indonesia-an dan peradaban dunia. Insyaallah masjid ini menjadi yang pertama di Indonesia memiliki unsur Jawa, China, Mesir dan Eropa karena disebut masjid Nusantara," ucapnya.

Dalam sambutannya, KH Zainal Abidin juga menyampaikan rencana pembangunan gedung 7 lantai kampus Unusida. Gedung ini akan dibangun di sebelah selatan Masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan menjadi bagian dari pembangunan komplek perkumpulan NU Sidoarjo.

"Pembangunan gedung 7 lantai ini akan dimulai pada awal tahun 2024 mendatang. Mohon doa dan dukungan agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu," kata KH Zainal Abidin.

Selama dua tahun khidmat PCNU Sidoarjo, banyak program unggulan yang sudah terlaksana dengan baik. Ketua PCNU Sidoarjo KH Zainal Abidin menyebutkan sudah mengikuti prosedur organisasi dan kegiatan-kegiatan lain yang menjadi ciri khas dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Waktu NU Award yang dilaksanakan PWNU Jatim, PCNU Sidoarjo dan Banom banyak yang jadi juara 1. Kita juga dinobatkan sebagai juara umum," ungkapnya.

Beberapa program unggulan yang telah terlaksana selama dua tahun khidmat PCNU Sidoarjo di antaranya:

1.Madrasah membangun Madrasah

Untuk program strategis madrasah membangun madrasah, PCNU Sidoarjo sudah membentuk tim yang diberi nama tim tangguh. Tim ini bertugas untuk mengumpulkan dana dan mencari lokasi atau tempat yang akan dibangun madrasah tersebut.

Sekarang sudah terbangun satu madrasah MINU di Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung.

2.Masjid membangun Masjid

PCNU Sidoarjo saat ini masih memfokuskan pembangunan masjid KH Muhammad Hasyim Asy’ari.

Menurut Kiai Zainal, ke depan akan melirik tanah-tanah kavling yang ada di perumahan untuk dibangun masjid dan madrasah Nahdlatul Ulama.

2.Rumah Sakit Membangun Klinik

Sedangkan program rumah sakit membangun klinik, PCNU Sidoarjo sudah ada dua klinik yang dikelola. Pertama Klinik yang ada di Tulangan. Ini memang dari awal sudah berdiri dan dalam perjalanannya tetap dikawal PCNU Sidoarjo dan Muslimat NU Sidoarjo.

Kedua, PCNU Sidoarjo telah membeli klinik di Taman Puri. Sudah beroperasi dan kemarin sudah dilakukan akreditasi.

3.Kemandirian Ekonomi

Untuk mendukung kemandirian ekonomi, PCNU Sidoarjo sudah membangun dua BMT. Dan sekarang sudah mengelola aset sebesar Rp 5,7 miliar.

"Untuk BMT kita sudah punya dua cabang, di Porong dan Sidoarjo Kota. Dalam beberapa bulan ke depan kita akan segera dirikan cabang-cabang di MWCNU yang lain," tutupnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut