get app
inews
Aa Read Next : Video Viral Oknum Buruh Mandi Beras, Pihak Bulog Buka Suara

Viral! demi ke Sekolah, Pelajar SD Rela Bolak-Balik ke Luar Negeri Setiap Hari Benarkah?

Minggu, 26 November 2023 | 13:00 WIB
header img
Siswa SD ini bolak-balik Indonesia-Malaysia tiap hari demi ke sekolah (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Namanya Nursaka, pelajar yang berjuang untuk bersekolah di wilayah lintas batas. Sebelumnya namanya pernah viral pada tahun 2018 lalu. Ia harus bolak-balik Pos Lintas Batas untuk bersekolah.

Dikutip dari okzone.com melalui akun laman Instagram @fyifact, Minggu, (26/11/2023), meski tinggal di Malaysia, Saka tetap memilih pendidikan di Indonesia.

Ia juga setiap berangkat sekolah selalu melintasi pos lintas batas negara. Kedua orangtua Saka bekerja sebagai buruh migran di Kota Tebedu, Malaysia. Sebelum memutuskan sekolah di tanah kelahiran, bocah itu kerap ditawarkan untuk bersekolah di Tebedu.

Namun, ia menolak. Dengan alasan merasa bangga menjadi anak Indonesia. Setiap hari Nur Saka berangkat ke sekolah pukul 06.00 (pukul waktu Tebedu).

30 menit kemudian, ia sudah sampai di sekolahnya di Entikong, Kalimantan Barat. Perjalanan melintasi batas negara itu kembali ia lakukan sepulang sekolah, Saka saat ini sedang menempuh pendidikan Sekolah Dasar selama 6 tahun.

Nursaka merupakan anak sulung pasangan dari Darsono dan Julini. Ia memiliki dua adik kandung yakni, Yoga dan Nirman. Ia juga selalu bolak-balik ke luar negeri demi bersekolah di SDN 3 Sontas Entikong, Kabupaten Sanggau.

Bocah SD yang melintasi perbatasan Indonesia-Malaysia setiap hari demi bersekolah, mulai dari rumahnya di Tebedu, Malaysia, hingga ke sekolah di Entikong, Indonesia, dan kembali ke rumahnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut