get app
inews
Aa Read Next : Kantor Imigrasi Surabaya Gelar Rapat TIMPORA di Kota Mojokerto, Awasi Keberadaan Orang Asing

Ketahuan Bawa Jimat, Peserta Tes CPNS Kemenkumham Jatim : Untuk Pegangan Saja!

Selasa, 14 November 2023 | 10:38 WIB
header img
salah satu jimat yang diamankan dari peserta tes CPNS Kemenkumham Jatim. (Yudha Prawira)

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id – Seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenkumham Jawa Timur di Surabaya diwarnai hal-hal klenik, Senin (13/11). Sejumlah peserta tes ketahuan petugas membawa berbagai jenis jimat.

Berbagai jenis jimat itu ditemukan petugas saat pemeriksaan fisik peserta. Mereka di periksa satu per satu untuk memastikan tidak membawa bahan contekan atau peralatan elektronik yang memungkinkan mereka berbuat curang.

"Aneh-aneh memang. Mereka banyak yang bawa jimat. Katanya hanya untuk pegangan. Itu tandanya, mereka ragu dengan kemampuannya sendiri," ungkap Kabag Umum Kanwil Kemenkumham Jatim, Adi Prayogo, dilansir dari iNews.id pada Selasa (14/11/2023).

Adi mengatakan, tes seleksi kompetensi dasar CPNS Kemenkumham Jawa Timur dilaksanakan selama tujuh hari di Politeknik Pelayaran Surabaya. Tes ini diikuti lebih dari 12.000 peserta.

Saat proses pemeriksaan itulah petugas mendapati benda-benda aneh milik calon peserta. Di antaranya bungkusan kecil bertuliskan huruf arab, batu yang dibalut dengan kain berwarna putih hingga daun kering. Seluruh jimat yang diakui pemiliknya dapat menambah kepercayaan diri saat mengikuti tes ini kemudian disita dan dilarang dibawa keruangan tes.

Sementara itu dalam pelaksanaannya diikuti 1.800 orang setiap hari yang dibagi dalam empat sesi. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut