get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Gejala Depresi Marak Di Kalangan Remaja, Orang Tua Harus Tahu

Kamis, 05 Oktober 2023 | 19:01 WIB
header img
Orang tua harus tau kondisi anak remaja yang sedang depresi. (Ilustrasi/iStock).

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Gejala depresi pada remaja sering kali terabaikan. Pasalnya, remaja memang dikenal kerap memiliki perubahan perilaku dan mood.

Pada dasarnya, depresi merupakan penyakit kompleks yang disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk biologis, sosial, ekonomi, dan budaya.

Depresi pada remaja juga bisa dipicu faktor lain seperti harga diri yang rendah, ketidakmampuan dalam belajar, penyalahgunaan minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, menderita penyakit kronis, ataupun memiliki gangguan mental semacam bipolar, anoreksi, dan bumilia.

Di sisi lain, seperti telah disebutkan di atas, remaja sendiri dikenal sering mengalami perubahan mood akibat peristiwa yang dialaminya. Hal itu acap kali dianggap wajar, padahal sebenarnya tidak.

Pengalaman traumatis di masa anak-anak, peristiwa kehidupan yang negatif, kemunduran pendidikan, masalah hubungan awal, sejarah keluarga dengan penyakit mental, serta stres di sekolah terkait dalam berbagai tingkat depresi pada remaja.

Makanya, orang tua harus pandai melihat gejala depresi pada anak remaja mereka. Jangan sampai dibiarkan karena kondisi tersebut bisa berlanjut dan menyebabkan munculnya keinginan untuk menyakiti diri sendiri, bahkan bunuh diri.

Lantas, apa saja sih gejala depresi pada remaja? Dikutip dari SINDOnews.com melalui laman Alodokter, Kamis (5/10/2023), berikut ulasannya.

1. Mudah menangis, tersinggung, dan marah karena hal-hal yang sederhana.

2. Kehilangan minat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut