get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Kolesterol Naik usai Konsumsi Daging di Momen Iduladha, Lakukan Ini untuk Atasinya

Sabtu, 01 Juli 2023 | 18:46 WIB
header img
Cara atasi kolesterol usai santap daging kurban. ( Foto : MNC)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Momen lebaran Iduladha tak lepas dari mengkonsumsi daging. Ya, mengkonsumsi daging berlebihan bisa mengundang naiknya kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berpotensi bisa menyebabkan masalah bagi tubuh, seperti hipertensi dan risiko penyakit jantung.

Lalu bagaimakah cara untuk menurunkan kolestrol. Masyarakat tak perlu khawatir, sebab setiap penyakit ada obatnya, termasuk koletrol.

Untuk itu agar tubuh tetap sehat, berikut beberapa cara yang perlu dilakukan agar bisa menurunkan kadar kolesterol setelah konsumsi daging maupun makanan lainnya yang banyak mengandung kolesterol.

“Akibatnya aliran darah ke seluruh tubuh akan terhambat sehingga jantung akan bekerja lebih keras agar darah bisa mengalir dengan baik, di sinilah awal mula terjadinya hipertensi hingga timbuh penyakit jantung,” kata Firman Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya dilansir dari iNews.id, Sabtu (1/7/2023).

Untuk itu, agar kolestrol bisa turun bisa melakukan beberapa cara. Pertama, lakukan olahraga secara rutin 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga atau aktivitas fisik yang dianjurkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik dengan intensitas sedang.

Hal ini bisa menurunkan kalori sebanyak 4-7 kkal/menit. Selanjutnya, ada juga jalan cepat, berlari, bersepeda, berenang atau aktivitas lainnya sesuai kemampuan dan kondisi masing-masing individu. Namun juga sebaliknya sangat tidak disarankan jika melakukan aktivitas terlalu berat secara berlebihan, karena justru bisa menyebabkan payah jantung.

Cara menurunkan kadar kolesterol selain itu dengan konsumsi makanan berserat tinggi. Makanan berserat tinggi dapat menurunkan kolesterol, di antaranya biji-bijian, roti gandum, kacang polong, sayuran berdaun hijau gelap dan kedelai yang mengandung isoflavon dan fitoestrogen, yang bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol.

Ketiga rempah-rempah atau bumbu dapur. Jangan remehkan bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Bumbu dapur seperti kunyit, cabai rawit merah, serei dan jahe tidak hanya memberikan rasa sedap pada makanan, namun banyak penelitian membuktikan efektif menurunkan kadar kolesterol.

Tak cuma itu, kata Firman, konsumsi daging sapi di saat yang sama konsumsi makanan yang berlemak tak jenuh atau kolesterol baik, seperti ikan salmon, ikan tuna, biji chia, alpukat, almond, kenari, dan minyak zaitun bisa efektif membantu menurunkan kolesterol jahat.

“Terakhir, jika telah diketahui mengalami dislipidemia atau tingginya kadar kolesterol dalam darah. Selain dapat menerapkan beberapa cara di atas, namun jika kadar kolesterol tidak kunjung turun, biasanya disarankan juga terapi obat,” ujar Firman. iNewsSidoarjo.id

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut