get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Unik! Kehidupan Warga Desa Terpencil di NTT

Sabtu, 13 Mei 2023 | 17:12 WIB
header img
Mengenal Desa Umauta di NTT yang unik (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Ada banyak tempat wisata menarik di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bisa dijelajahi para wisatawan. Terlebih lagi jika singgah ke salah satu desanya yang unik di Kecamatan Bola, dijamin wisatawan akan betah berkumpul.

Salah satunya, Anda bisa singgah ke Desa Umauta yang berada di Kecamatan Bola, NTT. Desa unik ini memiliki daya tarik utama yaitu Sanggar Seni Budaya Doka Tawa Tana.

Melangsir dari iNews.id sanggar ini bergerak di bidang seni, dimana para wanita mengikat motif pada benang kemudian diproses jadi kain sarung untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial masyarakat desa Umauta.

Penasaran, seperti apa keunikan dari Desa Umauta di NTT? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (13/5/2023).

Desa Unik Umauta di NTT

Berada di desa ini, wisatawan bisa melihat secara lebih dekat dan sekaligus mempelajari nilai-nilai kearifan lokal, dari masyarakat setempat, seperti musik dan tarian tradisional.

Perlu diketahui, Sanggar Doka Tawa Tana dibentuk pada tahun 1980. Sanggar ini lah yang membantu merawat atau menjaga kelestarian budaya masyarakat Desa Umauta.

Tak hanya masyarakatnya saja yang secara aktif melakukan perawatan tersebut, pemerintah Sikka dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sikka juga turut memberikan perhatian lebih dengan cara Sosialisasi dan Pelatihan Sadar Wisata, Desa Wisata dan Pariwisata Berkelanjutan, Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut