Logo Network
Network

Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Meningkat, BPBD Lumajang Minta Masyarakat Jauhi Radius Ini

Yayan Nugroho
.
Rabu, 11 Januari 2023 | 12:38 WIB
Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru Meningkat, BPBD Lumajang Minta Masyarakat Jauhi Radius Ini
Penampakan Gunung Semeru saat memuntahkan lava pijar, Rabu (11/1/2023). (Foto: iNews.id/Yayan Nugroho).

LUMAJANG, iNewsSidoarjo.id - Intensitas letusan dan guguran lava pijar yang tinggi Gunung Semeru kembali meningkat. Aktivitas vulkanik itu kembali meningkat pada Rabu (11/1/2023) dini hari. Saat ini, status Gunung Semeru masih di level 3 atau siaga.

Kepala Bidang Pencegahan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo meminta masyarakat untuk tidak berkativitas dari radius belasan meter dari puncak.

"Kami minta untuk tidak beraktivitas di radius 13 kilometer dari puncak gunung semeru dan 17 kilometer di sepanjang jalur aliran lahar," kata dilansir dari iNewsJatim.id.

Sementara itu, selain potensi bahaya awan panas guguran juga masih berpotensi terjadi banjir lahar hujan. Sebab, curah hujan di kawasan puncak Gunung Semeru masih tinggi.

Penampakan meningkatnya aktivitas Gunung Semeru itu terlihat dari rekaman CCTV yang diambil secara real time oleh akun YouTube Channel CCTV Semeru di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Dari visual CCTV terlihat Gunung Semeru mengalami beberapa kali letusan dan memuntahkan lava pijar sejauh 1.000 meter ke sisi tenggara atau mengarah ke Besuk Kobokan.

Akibat letusan itu, bibir kawah Jonggring Saloko dipenuhi material lava pijar yang berpotensi mengakibatkan awan panas guguran (APG). Kondisi ini bisa terjadi jika endapan material vulkanik di bibir kawah diguyur hujan deras.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.