get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Civitas Akademika Umsida dan Smamda Gelar Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina

Hebat! Kolaborasi Program Studi Administrasi Publik dan Informatika Umsida Ciptakan Aplikasi Sistem

Rabu, 28 Desember 2022 | 17:56 WIB
header img
Dua program studi (Prodi) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil ciptakan aplikasi sistem informasi untuk dana bantuan sosial di Pemerintah Desa Ketapang, Tanggulangin, Sidoarjo. ( Foto:Tim iNewsSidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Guna mengimplementasikan kegiatan ISS-PKKM, dua program studi (Prodi) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil ciptakan aplikasi sistem informasi untuk dana bantuan sosial di Pemerintah Desa Ketapang, Tanggulangin, Sidoarjo.

Kedua Prodi yang dapat bersinergi dan berkolaborasi itu adalah Prodi Administrasi Publik dan Prodi Informatika Umsida.

Penciptaan terobosan aplikasi untuk Pemdes Ketapang tersebut dijalankan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam rangka mendukung program MBKM Studi Independen yang di peruntukkan untuk mahasiswa. Program MBKM Studi Independen ini, kedepan akan diproyeksikan untuk peningkatan kompetensi keahlian secara inovatif bagi mahasiswa.

Istian, Dosen Prodi Bisnis Digital sekaligus dosen pembimbing lapangan memaparkan bahwa melalui pembelajaran secara langsung, mahasiswa didorong untuk dapat memecahkan sekaligus menyelesaikan sebuah permasalahan melalui inovasi teknologi.

Sehingga seluruh project yang akan dihasilkan nantinya, diharapkan dapat bermanfaat banyak bagi masyarakat maupun mahasiswa itu sendiri.

"Salah satu project yang kami jalankan dalam Studi Independen Umsida kali ini yaitu pembuatan aplikasi website Sistem Informasi Dana Bantuan Sosial untuk efektivitas penyaluran dana bansos di Pemerintah Desa Ketapang Kecamatan Tanggulangin," ujar Istian. Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut, Istian mengharapkan dalam kolaborasi ini pihaknya diharapkan mampu mewujudkan suatu hasil inovasi teknologi yang dapat bermanfaat dan berkelanjutan bagi mitra pemerintah Desa Ketapang. Selain itu, yang juga menjadi fokus dalam projectnya kali ini adalah membantu mempermudah kinerja Pemdes Ketapang untuk mengecek data kependudukan yang menerima berbagai macam bantuan sosial.

"Project yang dihasilkan berupa website SIM BANSOS tersebut saat ini sudah di jalankan oleh pemerintah Desa Ketapang, yang mana manfaatnya dapat membantu para aparatur pemerintah Desa Ketapang dalam sistem manajemen bantuan sosial di desa Ketapang Tanggulangin," Imbuhnya.

Sementara itu, Imam Fakhruddin selaku Aparatur Pemerintah Desa Ketapang sekaligus mentor program SIU dari Mitra mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terkait program dari Umsida yang telah menjadikan Pemdes Ketapang sebagai mitra.

"Tentunya ini sangat membantu kami kedepan. Dengan adanya website SIM BANSOS ini kami juga akan memaksimalkan semaksimal mungkin agar dapat memudahkan serta kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas," pungkasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut