get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Hubungan Memanas, 71 Pesawat Militer China Masuk Zona Militer Taiwan

Senin, 26 Desember 2022 | 17:22 WIB
header img
71 pesawat militer China nekat memasuki Zona Identifikasi Wilayah Udara Taiwan. (Foto Ilustrasi: Reuters).

TAIPEI, iNewsSidoarjo.id - Sebanyak 71 pesawat militer China nekat memasuki militer Taiwan. Kondisi itu, membuat hubungan antara China dan Taiwan makin memanas. Zona Identifikasi Wilayah Udara (ADIZ) Taiwan dimasuki pesawat militer China dalam kurun waktu 24 jam.

Puluhan pesawat militer itu terdiri dari jet tempur, pesawat pengebom hingga drone tempur. Pesawat yang diterjunkan itu merupakan pengerahan pesawat terbesar oleh Angkatan Udara China sepanjang tahun ini.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan dari 71 pesawat, 43 di antaranya melintasi garis tengah yang menjadi batas tidak resmi kedua wilayah, garis batas ini masuk dalam ADIZ.

"Sebagian besar pesawat militer China yang memasuki garis batas adalah jet tempur. Namun tak lama kemudian mereka kembali ke wilayah China. Selain itu ada pula tujuh kapal Angkatan Laut China juga terdeteksi di dekat Taiwan," ujar pernyataan Kemhan Taiwan.

Angkatan Udara (AU) China juga mengirim pesawat peringatan dini, perang elektronik, dan antikapal selam ke ADIZ. Aktivitas militer China tersebut bersamaan dengan pengumuman latihan penembakan yang dilakukan Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada hari Minggu lalu.

Latihan penembakan menggunakan senjata-senjata cangih ini digelar di sekitar wilayah perairan dan udara Taiwan. Militer China menyebut, latihan ini untuk merespon provokasi Taiwan dan Amerika Serikat (AS).

Diketahui Untuk diketahui AS dan Taiwan sebelumnya memang menggelar latihan gabungan. Selama ini China menganggap Taiwan masih bagian dari provinsinya, sehingga mereka merasa tak pernah ada pelanggaran wilayah.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut