get app
inews
Aa
Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Ini Makna Jubah Hitam yang Dipakai Lionel Messi saat Angkat Trofi Piala Dunia 2022

Senin, 19 Desember 2022 | 11:09 WIB
header img
Lionel Messi pakai jubah hitam saat angkat trofi Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

DOHA, iNewsSidoarjo.id - Ada pemandangan berbeda saat Lionel Messi menerima dan mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Ya, Messi memakai jubah hitam transparan berwarna hitam dengan list emas.

Momen tersebut menarik perhatian pencinta sepak bola. Momen itu terjadi sebelum LabPulga mengangkat trofi bersama Timnas Argentina. Ia dipakaian Emir Qatar jubah tersebut.

Lantas apa arti dari jubah tersebut?

Berdasarkan laman Arab News, itu merupakan jubah Bisht. Ini pakaian tradisional atau jubah panjang yang digunakan kaum pria di Arab. Jubah ini dibuat dari bahan dasar benang wol atau sutera berwana cream, putih, cokelat, atau hitam.

Awalnya bisht hanya digunakan bangsa Arab pada musim dingin, tapi seiring berkembangnya zaman, Bisht kini menjadi pakaian kebesaran yang dikenakan untuk menghadiri acara formal. Semakin ke sini, penggunaan Bisht semakin dihormati.

Jubah ini bisa menunjukkan strata sosial menengah ke atas di kalangan bangsa Arab. Selain itu, Bisht juga biasanya hanya digunakan politisi, tokoh agama, atau pejabat di tanah Arab.

Artinya, pemasangan jubah kepada Messi menunjukkan hormat tinggi dari Emir Qatar. Ini juga beriringan dengan status Greatest of All Time (G.O.A.T) yang melekat di diri Messi.

Messi dan kolega sendiri juara Piala Dunia 2022 setelah menang 4-2 atas Prancis via adu penalti di partai final, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Drama tos-tosan terjadi setelah kedua tim bermain imbang dengan skor 3-3 hingga babak tambahan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut