get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Rumah Pemotongan Unggas Ditutup, Ini yang Dikeluhkan Pedagang

Senin, 12 Desember 2022 | 12:19 WIB
header img
Kondisi Pasar Sepanjang yang sepi, Senin(12/12/2022)

SIDOARJO,iNewsSidoarjo.id-Menyusul ditutupnya rumah pemotongan unggas yang ada di Pasar Sepanjang, Taman, Sidoarjo, pada Rabu lalu, (7/12) banyak dikeluhkan pedagang.

Mereka mengeluh omzet penjualan menurun, pasca ditutupnya pemotongan unggas. Seperti yang diungkapkan Saroh (50) pedagang sayur saat ditemui di lokasi memaparkan bahwa pelanggan yang biasa membeli dagangannya, kini banyak yang beralih ke pasar lain.

"Kalau dulu kan enak mas, semisal pelanggan beli unggas didepan lalu dibawa kebelakang untuk dipotong. Sembari nunggu dipotong mereka bisa sekalian beli sayur disini. Tapi semenjak pemotongan unggas ditutup diarahkan ke RPH Krian dan pasar unggas dipindah ke utara. Pelanggan banyak yang nggak kesini lagi," ujar Saroh. Senin (12/12/2022).

Selain itu, Siti (46) penjual kelapa yang ada di area Pasar Sepanjang juga mengeluhkan hal yang sama. "Nggak hanya sayur mas. Pedagang kelapa kayak saya juga kena imbasnya. Sekarang jadi sepi.

Biasanya kan pelanggan cari langsung kesini," papar Siti. Selain itu, Purnomo salah satu pembeli yang juga penjual aneka penyetan yang ada di Surabaya tersebut mengatakan, jika keengganan pembeli kesini lagi karena dinilai tidak lagi one stop service.

"Dulu one stop service mas. Jadi saya beli unggas setelah itu saya motongkan kesini sembari menunggu pemotongan selesai, saya beli sayur, tempe, lele dan lalapan dan kelapa untuk bumbunya. Istilahnya dulu itu sekali kesini bisa langsung," kata Purnomo.

Masih dikatakan Purnomo, bahwa keputusan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menutup Pemotongan Unggas, dan memindah pasar unggas adalah kurang tepat menurutnya.

Jika dikalkukasi, Purnomo mengeluarkan lebih banyak pengeluaran karena antara pemotongan unggas, pedagang unggas dan pedagang sayur tempatnya berbeda.

"Andaikata saya beli unggas di Pasar Taman. Saya motongkan ke Krian, setelah itu saya beli lagi sayurnya ke tempat lain, nah dari situ biaya akomodasinya jadi membengkak mas," terangnya.

Para pedagang yang ada disekitaran Pasar Sepanjang berharap adanya solusi yang diberikan Pemkab untuk pedagang, dalam hal ini para Pedagang yang ada di Pasar Sepanjang, Taman, Sidoarjo.

Tak muluk-muluk, mereka hanya meminta rumah pemotongan unggas, dan pedagang unggas yang ada saat ini jika direlokasi maka tidak jauh-jauh dari Pasar Sepanjang.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut