Favehotel Sidoarjo Jadi Tuan Rumah Archipelago Engineering Bootcamp 2022

Yoyok Agusta
.
Kamis, 24 November 2022 | 21:44 WIB
Sejumlah petinggi Archipelago International, saat jumpa pers di fave hotel, Kamis (24/11/2022)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Favehotel Sidoarjo menjadi tuan rumah acara yang digelar oleh Archipelago International. Kegiatan Archipelago Engineering Bootcamp 2022 bertema 'Kaizen - Improvement, Performance, Innovation dan Reduce Gas Fosil menjadi energi terbarukan, Saving Energy dengan transformasi metode konvensional ke Sustainable' ini digelar dua hari Kamis hingga Jumat (25/11/2022) di Ballroom Favehotel Sidoarjo.

Kegiatan untuk meningkatkan standard performa, keahlian, dan inovasi dari hotel-hotel di bawah naungan management Archipelago International tersebut diiikuti oleh 90 peserta dari 60 hotel dibawah naungan Archipelago.

I Ketut Wijaya, S.T. M.T. , selaku Corporate Chief Engineer Archipelago International mengatakan bahwasannya, engineering memegang peranan penting dalam kualitas pelayanan di hotel serta keselamatan. "Kaizen merupakan filosofi kerja asal Jepang yang telah diadopsi oleh banyak perusahaan, yang dapat diartikan sebagai langkah perbaikan, perubahan menjadi lebih baik, atau perbaikan berkelanjutan.

Tema itulah yang kami ambil dalam Archipelago Engineering Bootcamp 2022 di Favehotel Sidoarjo ini," kata I Ketut, Kamis (24/11/2022).

I Ketut Wijaya menambahkan jika Archipelago International sendiri telah melakukan beberapa praktik berkesinambungan seperti langkah penghematan energi dengan memperkenalkan peralatan hemat energi di semua area publik dan back of the house.

"Archipelago International juga menerapkan daur ulang dan pengurangan limbah dengan mengurangi penggunaan kertas dan bahan sekali pakai lainnya,sementara pada saat yang sama limbah makanan dijaga seminimal mungkin," ungkapnya.

Sementara itu Yohanes Sulistyono Hadi selaku Regional General Manager - Central, Archipelago International menambahkan jika Archipelago sebagai grup manajemen hotel terbesar di Asia harus bisa mengikuti perkembangan teknologi, sehingga setiap pegawai mampu mengaplikasikan setiap program yang dicanangkan oleh Archipelago International.

"Misalnya, pengaplikasian Google Nest di kamar hotel, Solar Panel sebagai Green Energy sehingga dapat mengadirkan energi terbarukan di setiap hotel,” jelas Yohanes. Lebih lanjut Yohanes menuturkan, selain terkait energi pihak Archipelago International juga mengadakan program Training Center di setiap sekolah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk program nyata Archipelago International dalam mendukung dunia pendidikan.

“Kami tidak hanya fokus tentang hotel saja namun, kami juga fokus membentuk generasi muda melalui Training Center. Untuk mempernalkan dunia kerja lebih awal kepada pelajar disekolah - sekolah seperti yang telah dilakukan di SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 1 Krian, dan beberapa SMK lainnya,” imbuh Yohanes didampingi Hotel Manager Favehotel Sidoarjo, Eka Dewi Kurniawati.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini