get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Waspada, Tim Siber Temukan Celah Keamanan Disejumlah Ponsel China

Rabu, 31 Agustus 2022 | 05:23 WIB
header img
Tim Siber Polda Metro Jaya menemukan celah keamanan pada beberapa smartphone asal China. (Foto: Instagram Siber Polda Mtero Jaya)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Sejumlah smartphone asal China ditemukan celah keamanan yang berpotensi sangat luar biasa bagi data pemiliknya. Temuan itu diumumkan oleh akun Instagram @siberpoldametrojaya pada Selasa (30/8/2022).

Tim Siber Polda Metro Jaya mengingatkan bagi pengguna smart phone Cina atas temuan tersebut. "Waspada! Ponsel China dengan Chipset Mediatek ditemukan rentan terhadap pembayaran palsu!" tulis tim Siber Polda Metro Jaya di keterangan foto.

"Sebuah laporan baru-baru ini menunjukkan beberapa ponsel China dengan Chipest tertentu rentan terhadap bahaya," katanya.

Siber Polda Metro Jaya menyebut, kelemahan keamanan telah diidentifikasi dalam model “N9T” dan “N11”. Kelemahan itu dapat dimanfaatkan untuk menonaktifkan mekanisme pembayaran seluler.

Tidak hanya itu, kelemahan keamanan dapat memalsukan transaksi melalui aplikasi Android yang di instal pada perangkat.

Siber Polda Metro Jaya menjelaskan, meningkatnya ketentanan pada perangkat smartphone China disebabkan kurangnya kontrol pada versi lama, yang memungkinkan penyerang melancarkan aksinya. Ini selaras dengan laporan yang menemukan serangkaian kerentanan memungkinkan pemalsuan paket pembayaran atau menonaktifkan sistem pembayaran langsung dari aplikasi Android yang tidak memiliki hak istimewa.

Penyerang dapat menyalahgunakan kerentanan ini oleh aplikasi yang mereka buat untuk membocorkan kunci yang disimpan atau untuk mengeksekusi kode arbitrer dalam konteks aplikasi.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id, baca link berita ini :

https://www.inews.id/techno/internet/tim-siber-polda-metro-jaya-temukan-celah-keamanan-pada-beberapa-smartphone-china

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut