Iran : Zionis Izrael Makin Berani Nodai Masjid Al-Aqsa, Sejak Hubungan Arab Israel Mesra

Ahmad Islamy Jamil
Polisi Israel menyerang masuk ke kompleks Masjid al-Aqsa, lalu menyerang jamaah. (Foto: Reuters)

TEHERAN, iNewsSidoarjo.id- Pemerintah Iran mengutuk keras tindakan aparat kepolisi israel yang menodai Masjid al-Aqsa di Yerusalem.

Teheran pun menyatakan dukungannya untuk gerakan Hamas dalam melawan kesewenang-wenangan zionis.

Pada Jumat (15/4/2022) kemarin, Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengumumkan bahwa lebih dari 150 warga Palestina dirawat di rumah sakit setelah bentrokan dengan polisi Israel di al-Aqsa.

Polisi zionis menerobos masuk masjid yang menjadi situs paling suci ketiga bagi umat Islam itu dan menembakkan peluru karet, bom suara, serta gas air mata ke arah jamaah Muslim.

Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian berpendapat, tindakan rezim zionis menyerang jamaah dan menodai Masjid al-Aqsa itu sebagai efek negatif dari normalisasi hubungan oleh beberapa negara Arab-Islam dengan Israel.

“Republik Islam Iran mendukung pembentukan pemerintah Palestina yang terintegrasi di Palestina, dengan Quds (Yerusalem) sebagai ibu kotanya,” kata Amirabdollahian dalam percakapan telepon dengan Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh, Jumat, seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Hamas mengendalikan Jalur Gaza Palestina dan berada dalam konflik berkepanjangan dengan Israel. Organisasi militan Sunni itu dinyatakan sebagai organisasi teroris di Israel, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Uni Eropa, dan Australia.

Beberapa negara Arab memutuskan untuk menormalisasi hubungan diplomatiknya dengan Israel. Keputusan itu tertuang dalam kesepakatan yang disebut Abraham Accord (Perjanjian Ibrahim) antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel, ditengahi oleh Amerika Serikat pada 13 Agustus 2020.

Setelah UEA, negara Arab lainnya seperti Bahrain, Maroko, dan Sudan juga mengambil langkah serupa.iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network