5 Tahun Tinggal di Bangunan Bekas Toilet Umum, Ini Kisah Pilu Satu Keluarga di Buton

Andhy Eba
Satu keluarga di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, terpaksa tinggal di bangunan bekas toilet umum milik pemerintah karena persoalan ekonomi. (Foto: Andhy Eba).

BUTON, iNewsSidoarjo.id – Satu keluarga di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, terpaksa tinggal di bangunan bekas toilet umum milik pemerintah. Mereka tinggal di tempat tersebut karena persoalan ekonomi.

Bangunan bekas toilet umum yang terletak di Kecamatan Pasarwajo ini telah menjadi tempat tinggal bagi Udin, istri dan anaknya sejak lebih dari lima tahun lalu. "Sudah lebih lima tahun," ujar Udin, dilansir dari iNewsSulse.id pada Minggu (9/6/2024).

Adapun toilet umum yang dibangun pemerintah pada 2014 itu disulap menjadi tempat tinggal mereka setelah mendapat izin dari kepala desa karena tidak memiliki rumah.

Udin bekerja sebagai buruh bangunan, namun penghasilannya cuma cukup untuk biaya hidup sehari-hari. Sebelumnya, mereka tinggal di gubuk kecil di atas tanah milik kerabatnya, namun bangunan itu ambruk setelah diterjang angin kencang.

Bangunan toilet umum yang sempit itu kemudian diubah menjadi beberapa petak, terdiri dari dapur, ruang tamu dan satu petak untuk kamar tidur. Dindingnya menggunakan sisa kayu bekas rumah lama mereka yang masih bisa digunakan.

Meski harus hidup pas-pasan di dalam rumah sempit bekas toilet umum yang tidak lagi digunakan, Udin dan keluarganya hanya bisa sabar dan pasrah.

Udin berharap pemerintah dapat memberikan bantuan rumah layak huni bagi keluarganya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network