Mayoritas Menganut Islam, Ini Agama Warga Negara Uzbekistan dan Persentasenya

Lutfan Faizi
Mayoritas penduduk Uzbekistan menganut agama Islam. Foto/AP

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Agama warga negara Uzbekistan dan persentasenya menarik diketahui. Negara ini merupakan salah satu pecahan Uni Soviet. Uzbekistan adalah sebuah negara terkurung daratan di Asia Tengah.

Saat ini, Uzbekistan diperkirakan memiliki populasi mencapai lebih dari 35 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, masing-masing warganya tak hanya terbatas pada satu keyakinan agama saja.

Wilayahnya berbatasan dengan Kazakhstan di utara, Kirgistan di timur laut, Afghanistan di selatan, Tajikistan di tenggara, serta Turkmenistan di bagian barat daya. Diketahui jika warga Uzbekistan diketahui menganut sejumlah agama yang berbeda.

Berikut ini persentasenya yang bisa diketahui, dikutip dari sindonews.com pada Rabu (1/5/2024). Agama Warga Negara Uzbekistan

.1. Islam

Islam adalah agama mayoritas yang dianut warga Uzbekistan. Jumlahnya sendiri terbilang cukup besar. Mengutip laman U.S. Embassy in Uzbekistan, penganut Islam di Uzbekistan mencapai angka 88 persen per 2022.

Hal ini menjadikan Islam sebagai agama mayoritas di negara pecahan Uni Soviet tersebut. Lebih jauh, mayoritas umat Islam di Uzbekistan adalah penganut Sunni dari mazhab Hanafi. Selain itu, diperkirakan juga sekitar 0,03 persen yang berasal dari pemeluk Syiah.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network