Peristiwa Bersejarah 11 Desember! 40.000 Warga Sulsel Dibantai hingga Laga Terakhir Muhammad Ali

Rahmi Rizal
Raymond Westerling, sang pembantai puluhan ribu rakyat Sulawesi Selatan. (Foto: Ist.)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Pada tanggal 11 Desember, masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) memperingati Hari Korban 40.000 Jiwa. Untuk mengenang peristiwa pembantaian yang dilakukan pasukan Belanda pimpinan Westerling.

Selain peristiwa tersebut, tercatat pula beberapa kejadian bersejarah lainnya pada tanggal ini. Berikut lima peristiwa sejarah pada 11 Desember, dilansir dari iNews.id pada Selasa (12/12/2023):

11 Desember 1946: Pembantaian di Sulawesi Selatan Peristiwa kelam terjadi Sulawesi Selatan pada 11 Desember 1946 saat sejumlah daerah di wilayah itu dinyatakan sebagai daerah perang. Pasukan Belanda yang dipimpin oleh Kapten Raymond Paul Pierre Westerling membantai para pejuang dan masyarakat yang melakukan perlawanan.

Ribuan jiwa menjadi korban peristiwa yang berlangsung selama dua bulan tersebut. Untuk mengenang mereka, didirikan Monumen Korban 40.000 Jiwa di Makassar. Selain itu, peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa dilakukan oleh masyarakat Sulawesi Selatan setiap 11 Desember.

11 Desember 1967: Gempa Bumi Koyna Peristiwa gempa bumi mengguncang India pada 11 Desember 1967 di wilayah yang dianggap stabil dan hampir nonseismik. Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter itu terjadi di dekat Bendungan Koyna, lima tahun setelah bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air itu dibangun.

Peristiwa tersebut menyebabkan 177 orang tewas, lebih dari 2.000 orang luka, dan kehancuran yang luas.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network