Alasan Israel dan Palestina Perang Tak Kunjung Usai, Ini Sejarah dan Latar Belakang

Cita Zenitha
lustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Setidaknya ada alasan kenapa Israel dan Palestina perang yang telah berlangsung selama bertahun-tahun dan tak kunjung usai. Dikutip dari okzone.com melalui laman Council on Foreign Relation Rabu (11/10/2023).

Israel dan Palestina terlibat perang karena berbagai usaha perebutan wilayah yang mengancam pengusiran penduduk Palestina dari tanah yang telah mereka diami selama berabad-abad sebelumnya.

Selain itu alasan kenapa Israel dan Palestina perang juga disebabkan hasil dari berakhirnya Perang Dunia I. Saat itu Inggris menguasai Kesultanan Turki Ottoman yang runtuh. Sehingga, Palestina menjadi tempat tinggal mayoritas penduduk Arab dan Yahudi.

Yahudi, yang merupakan kelompok minoritas, bergabung dengan gerakan Zionis dengan tujuan untuk menguasai Palestina dan mendirikan negara mereka sendiri.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengusulkan pembagian wilayah Palestina menjadi dua negara, yaitu Israel dan Palestina melalui Resolusi 181.

Proposal ini tidak diterima oleh pihak Arab karena merasa pembagian tersebut tidak adil. Pembentukan negara oleh Israel memicu perang Israel-Palestina pertama pada 14 Mei 1948. Peperangan tersebut mengakibatkan 750.000 warga Palestina mengungsi.

Kemenangan Israel mengakibatkan wilayah terbagi menjadi 3 bagian yakni Israel, Tepi Barat (Sungai Yordan), dan Jalur Gaza. Perang Enam Hari pada tahun 1967 menjadi titik balik penting dalam sejarah Israel dan Palestina.

Dalam perang ini, Israel berhasil merebut wilayah Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur dari tangan Palestina. Gerakan kemerdekaan Palestina yang dipimpin oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan kelompok-kelompok seperti Hamas, berjuang mendapatkan hak-hak politik dan kemerdekaan Palestina.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network