Titik Api Kembali Muncul, Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang Meluas Hingga 4.825 Ha

Avirista Midaada
Petugas berupaya memadamkan api yang membakar kawasan hutan Gunung Arjuno-Welirang di Kabupaten Malang, Senin (11/9/2023). (Foto: MPI)

Selain pemadaman jalur darat dengan mengerahkan sebanyak 1.679 personel gabungan dari empat kabupaten kota di sekitar gunung setinggi 3.339 Mdpl. Jumlah itu masih ditambah proses pemadaman melalui jalur udara dengan mengerahkan satu helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sedangkan satu helikopter lain digeser untuk memadamkan api di Gunung Bromo, sesuai koordinasi Gubernur Jawa Timur dengan BNPB.

"Total relawan yang ikut berkontribusi sebanyak 1.679 orang, terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Perhutani, masyarakat peduli api, hingga para relawan dan masyarakat setempat. Tiap hari ada kurang lebih 700 relawan yang bekerja. Untuk pemadaman melalui udara terus kita lakukan," katanya.

Sebelumnya, BNPB mengerahkan satu unit helikopter untuk proses pemadaman api di Gunung Arjuno. Pemadaman api melalui jalur udara sudah dilakukan sejak Jumat (1/9). Pemadaman api juga melibatkan dua pilot dan tiga orang kru helikopter.

Helikopter jenis Super Puma ini mengambil air di kolam renang Kaliandra Resort yang ada di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Selama hampir sepekan beberapa titik telah disasar pemadaman api dari udara, mulai dari wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan, hingga di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Gunung Arjuno sisi Kabupaten Malang terbakar sejak Sabtu dini hari (26/8). Titik api dilaporkan muncul pertama kali di Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, yang masuk Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network