Sosok Gus Iqdam Muhammad, Penceramah Lucu yang Pernah Dicurhati Happy Asmara

Kiswondari
Gus Iqdam Muhammad. (Nuonline).

Setelah itu, Gus Iqdam melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur dibawah asuhan Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar.

Perjalanan Karier Gus Iqdam Muhammad Pada Desember 2018, Gus Iqdam mendirikan Majelis Ta’lim Sabilu Taubah. Awalnya, dia memulai rutinitas dakwahnya dengan jemaah kisaran tujuh orang. Namun, berapa tahun berlalu Majelis Ta’lim Sabilu Taubah sudah banyak dikenal, bahkan viral di kalangan milenial dan memiliki 66.000 lebih jemaah.

Selain berdakwah, Gus Iqdam juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II di Desa Karanggayam, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Diketahui, maksud dan tujuan Gus Iqdam memberikan nama Majelis Ta’lim tersebut dengan nama Sabilu Taubah yang bermakna jalan taubat. Pasalnya, jemaah Majelis Ta'lim tersebut tidak hanya berfokus pada santri, orang berpengetahuan atau yang sudah memahami ilmu agama.

Ada banyak juga jemaah Gus Iqdam yang berasal dari orang-orang luar pesantren yang bahkan tidak paham ilmu agama. Gus Iqdam sengaja mendirikan Majelis Ta'lim ini sebagai tempat mengaji bagi orang-orang yang berideologi jalanan, kaum marginal dan kerap berurusan dengan dunia kriminal. Gus Iqdam juga disukai banyak jemaah karena memiliki ciri khas dakwahnya yang lemah lembut, sopan dan lucu.

Hal itu dilakukan karena Gus Iqdam mencoba untuk mengajak mereka agar mau mengaji bersama-sama. Pada salah satu dakwahnya, Gus Iqdam mengibaratkan mengaji seperti bahan bakar yang sangat dibutuhkan mobil atau motor untuk bergerak.

Begitupun dengan raga yang tidak bisa bergerak dengan baik jika tidak mengaji, sehingga mengaji merupakan salah satu cara untuk mengatur jiwa, mengolah pikiran dan rohani.

Demikian informasi mengenai profil dan biodata Gus Iqdam Muhammad, pendiri Majelis Ta'lim Sabilu Taubah yang didatangi Happy Asmara, yang dihimpun dari berbagai sumber. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network