get app
inews
Aa
Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Tips Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa, Konsumsi Air Putih 8 Gelas Sehari

Rabu, 13 April 2022 | 19:56 WIB
header img
dr. Erli Mawar Nur Aini, Kepala Ekalasi Kehumasan dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo.

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Saat memasuki bulan Ramadhan umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Hal ini tentu bisa mengurangi stamina yang ada ditubuh kita. Namun agar stamina tetap terjaga perlu tips khusus untuk menjalankannya.

Seperti yang disampaikan oleh dokter Erli Mawar Nur Aini, Kepala Ekalasi Kehumasan dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Islam Siti Hajar Sidoarjo, terdapat beberapa tips agar kondisi tubuh kita tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.

“Bagi warga yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada tujuh tips agar selama menjalankan ibadah puasa kondisi tubuh tetap sehat,” ungkap Erly Rabu (13/4/2022)

Adapun tujuh tips tersebut :

1.Mengkonsumsi makanan saat sahur dan berbuka secukupnya.

2.Mengurangi makanan yang mengandung banyak minyak, Garam dan Gula.

3.Mengkonsumsi buah dan sayur.

4.Mengkonsumsi protein.

5.Tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

6.Istirahat yang cukup.

7.Mengurangi aktifitas fisik atau olah raga yang berlebihan.

Lebih jauh Erly menuturkan, agar kebutuhan cairan dalam tubuh kita tetap terjaga, selama menjalankan ibadah puasa. Kita harus minum air putih yang dilakukan secara bertahap.

“Kita bisa memulai minum air putih satu gelas saat sahur, satu gelas saat menjelang imsak, saat berbuka puasa, setelah sholat magrib, usai makan malam, setelah sholat terawih, dan satu gelas sebelum tidur,” ucap Erly.

Dengan demikian kebutuhan cairan tubuh kita selama menjalankan ibadah puasa akan tercukupi, sehingga bisa mengurangi potensi dehidrasi saat berpuasa.

Tips tersebut ditujukan bagi warga yang kondisinya sehat, tidak sedang sakit. Pasalnya, akan berbeda jika yang menjalankan ibadah puasa mengidap penyakit tertentu.

“Tips ini ditujukan bagi warga yang tidak memiliki penyakit seperti gagal ginjal, jantung, diabetes. Karena beberapa penyakit tertentu dilarang mengkonsumsi air putih berlebihan.” Pungkas Erly.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut