Dampak Bencana Sumatera: Pemulihan Jaringan dan Penyaluran Bantuan Sosial Terus Diupayakan
SURABAYA, iNewsSidoarjo.id - Bencana alam yang melanda Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat menyisakan duka yang mendalam, bagi warga yang menjadi korban bencana hidrometeorologi itu.
Bencana Banjir, longsor, yang mengakibatkan padamnya pasokan listrik di sejumlah wilayah, mempengaruhi aktivitas masyarakat dan operasional layanan telekomunikasi.
Telkomsel salah satu penyedia jaringan telekomunikasi yang terdampak dari peristiwa itu, terus berupaya mempercepat pemulihan jaringan dan menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak. “Kami turut berduka atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai wilayah Sumatera. Di tengah tantangan akses dan infrastruktur yang masih sulit, kami berkomitmen untuk terus hadir dan memaksimalkan percepatan pemulihan jaringan, sekaligus memperluas bantuan kemanusiaan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, untuk dapat meringankan beban mereka yang terdampak,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Consumer Business Area Sumatera Telkomsel, Sabtu, (29/11/2025).
Di Aceh, gangguan signifikan masih terjadi pada lebih dari 1.430 site, 2.400 BTS, dan 15 STO, disebabkan oleh pemadaman listrik, robohnya tower SUTET, serta akses jalan yang terputus sehingga proses pemulihan membutuhkan dukungan khusus, termasuk di antaranya perahu karet dan perangkat satelit.
Sedangkan di Sumatera Utara, sekitar 1.100 site, 1.900 BTS, dan 10 STO juga masih terdampak, terutama di wilayah Gunung Sitoli, Teluk Dalam, dan Sibolga, yang diakibatkan FO cut ruas jalur Sibolga–Barus.
Sementara di Sumatera Barat, gangguan terjadi pada lebih dari 190 site, 360 BTS, serta 1 STO, dengan kerusakan infrastruktur dan jalur backbone di beberapa titik. “Tak hanya memaksimalkan upaya pemulihan jaringan, kami juga menyalurkan bantuan sosial berupa sembako dan air bersih, bagi lebih dari 400 KK pengungsi di Aceh Singkil dan 1.200 KK di posko tanggap bencana wilayah Pidie Jaya,” terang Saki.
“Kita juga menghadirkan bantuan dapur umum untuk masyarakat terdampak di Sibolga, serta bantuan sembako dan air bersih untuk masyarakat terdampak bencana di Sipirok, Tapanuli Selatan, Agam, Tanah Datar, Pasaman Barat dan beberapa titik lainnya di wilayah Provinsi Sumut, Aceh serta Sumbar melalui posko kemanusiaan setempat,” imbuh Saki.
Hingga kini, pihak Telkomsel terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, untuk mendukung percepatan pemulihan serta memastikan bantuan kemanusiaan menjangkau masyarakat terdampak. Serta mengimbau masyarakat tetap waspada, dan mengutamakan keselamatan selama masa darurat.
Editor : Aini Arifin