get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Masjid Istiqlal Raih Predikat Sebagai Masjid Green Building

Rabu, 06 April 2022 | 13:18 WIB
header img
Masjid Istiqlal jadi masjid pertama di dunia yang raih predikat green building (Foto: M Refi Sandi)

JAKARTA, iNews.id -Masjid Istiqlal menerima sertifikat final EDGE sebeagai bangungan hijau atau green building dari International Finance Corporation (IFC) bekerja sama dengan Federal Departement of Economic Affairs Education and Resere SAR State Secretariat for Economic Affair (SECO).

Pemberian sertifikat tersebut, menjadikan Masjid Istiqlal sebagai masjid pertama di dunia yang meraih predikat tersebut.

IFC Country Manager for Indonesia and Timor-Leste Azzam Khan mengatakan, EDGE adalah sebuah inovasi dari IFC (anggota Grup Bank Dunia), berupa sebuah standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi untuk membantu profesional dan para pelaku bangunan gedung dalam mewujudkan bangunan hijau.

Dia menuturkan, sebagai satu dari masjid terbesar di dunia, Masjid Istiqlal menjadi salah satu dari bangunan yang memiliki sejarah di Indonesia.

"Masjid yang merupakan kebanggaan dari bangsa Indonesia ini memiliki sejarah panjang dan saat ini kembali mengukir sejarah dengan menjadi bangunan masjid pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat final EDGE sebagai bangunan gedung hijau,” kata dia di Jakarta, Rabu (4/3/2022).

Dia menjelaskan, standar keunggulan dalam desain untuk efisiensi yang lebih besar dan merupakan bagian dari ambisi kolektif untuk mengarusutamakan bangunan dalam membantu memerangi perubahan iklim dan penurunan emisi karbon.

Dan Masjid Istiqlal secara signifikan telah mengurangi jejak karbonnya dengan menggunakan secara selektif untuk atap dan dinding luar hemat energi, penerangan dan ruang internal dan eksternal serta sistem surya untuk menghemat konsumsi listrik.

“Pembangunan kembali ini akan memberikan potensi penghematan energi sebesar 23 persen dengan penggunaan kran aliran rendah mulai dari pengolahan air dan daur ulang serta efisiensi lainnya dengan konsumsi air secara keseluruhan akan berkurang hingga 36 persen,” ujarnya.

IFC akan terus mendorong Indonesia menghadapi krisis iklim global. Perubahan iklim telah mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat serta memperlambat kemajuan dalam pengentasan kemiskinan.

“Jakarta harus menjadi bagian dari aksi iklim yang ambisius, tetapi dalam tantangan, ada peluang. Sudah ada triliunan dolar dalam iklim, peluang investasi cerdas, di seluruh kawasan termasuk lebih dari seperempat triliun dolar di Indonesia, energi berkelanjutan dan terbarukan,” tuturnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang menerima penghargaan dalam bentuk sertifikat EDGE itu mengatakan, Masjid Istiqlal menjadi simbol bagi umat Islam di Indonesia sebagai tempat ibadah.

Karena itu, penting bagi umat Islam untuk mewujudkan masjid hijau yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kualitas ibadah serta menghormati kepemimpinan Rasulullah SAW yang sangat peduli terhadap alam.

"Oleh sebab itu, pembangunan kembali dan merevitalisasi peran masjid sebagai pusat pencerahan pelestarian lingkungan menjadi salah satu prioritas kami,” ujarnya. iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut