Logo Network
Network

Ini Cerita Danjen Kopassus Brigjen TNI Iwan Setiawan Taklukan Gunung Everest

Riezky Maulana
.
Rabu, 30 Maret 2022 | 09:32 WIB
Ini Cerita Danjen Kopassus Brigjen TNI Iwan Setiawan Taklukan Gunung Everest
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Waaslat Kasad bidang Kermamil Brigjen TNI Iwan Setiawan menjadi Danjen Kopassus. ( Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Waaslat Kasat bidang Kermamil Brigjen TNI Iwan Setiawan menjadi Danjen Kopassus, setelah ditunjuk Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Iwan yang menggantikan Mayjen TNI Widi Praestijono punya cerita menarik yang patut disimak. Dia lulus dari Akmil 1992 dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Prajurit kelahiran Bandung ini antara lain pernah menjabat sebagai Danyon 22 Grup 2 Kopassus pada 2018. Di korps ini pula sebuah catatan gemilang pernah diukirnya.

Dia pernah mengharumkan Indonesia di mata dunia. Saat itu dia ikut ekspedisi pendakian ke puncak gunung tertinggi di dunia yang digagas Danjen Kopassus saat itu, Mayjen TNI Prabowo Subianto.

Iwan merupakan satu di antara tiga prajurit Kopassus yang berhasil menancapkan Bendera Merah Putih di puncak Everest. Iwan yang saat itu berpangkat letnan satu menjejakkan kaki di atap dunia bersama Sertu Misirin dan Pratu Asmujiono.

"Mendaki Gunung Everest adalah impian setiap pendaki di dunia. Dan saat itu saya belum tahu, apa itu Mount Everest. Bayangkan, naik gunung saja belum pernah, terutama gunung es,” kata Iwan dalam wawancara dengan tim Dispenad di akun resmi Youtube TNI AD, pada Jumat 26 Juni 2020.

Sementara itu, Iwan pecah bintang atau jenderal bintang satu saat menjabat Komandan Danrem 173/Praja Vira Braja pada tahun 2020—2021. Kemudian dia dipromosikan menjadi Waaslat Kasad bidang Kermamil pada 2021—2022. iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.