get app
inews
Aa
Read Next : Polresta Sidoarjo Gelar Pemeriksaan Kesehatan Petugas Pemilu 2024

Ini Manfaat Lengkuas Salah Satunya Bisa Tingkatkan Produksi Sperma

Kamis, 24 Maret 2022 | 05:56 WIB
header img
Manfaat lengkuas banyak ( Foto: Specialty produce )

LENGKUAS, selama ini hanya dikenal sebagai salah satu bumbu masakan semata. Namun siapa sangka jika lengkuas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Salah satu satunya berguna untuk meningkatkan produksi sperma bagi pria. Tidak sampai disitu, lengkuas juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Penasaran apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut seperti dilansir dari okezone.com. Kamis, (24/3/2022) :

1.Tingkatkan produksi sperma

Manfaat pertama lengkuas yaitu bisa meningkatkan produksi sel sperma pada pria. Tidak seperti suplemen kesuburan lainnya, mengonsumsi lengkuas tentunya aman dan tidak menimbulkan racun.

Studi menunjukkan bahwa 56 hari pengobatan dengan rimpang lengkuas meningkatkan spermatogenesis dan parameter terkait.

Lengkuas mempengaruhi produksi protein melalui ekspresi gen terkait yang terlibat dalam spermatogenesis. Oleh karena itu, dapat digunakan dalam obat-obatan untuk meningkatkan kesuburan pria.

2. Dapat sembuhkan diabetes

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015 ekstrak metanol lengkuas menunjukkan potensi antidiabetes. Selain itu, lengkuas juga dapat merangsang regenerasi sel beta yang mensekresi insulin di pankreas.

Sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, meningkatkan metabolisme lipid dan mencegah komplikasi diabetes.

3. Menghambat pertumbuhan sel tumor

Manfaat berikutnya yang didapat dari khasiat lengkuas yaitu menghambat pertumbuhan sel tumor lambung pada manusia. Pasalnya, lengkuas mengandung dua senyawa sitotoksik, yaitu acetoxychavicolacetate dan p-coumaryl alcohol-O-methyl ether, yang diketahui dapat melawan sel tumor.

4. Dapat membantu obati nyeri sendi (Arthritis)

Lengkuas mengandung tinggi flavonoid, tanin, saponin, glikosida, dan beberapa senyawa fenolik. Kandungan ini terbukti menunjukkan efek anti-inflamasi dan berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi.

Tak hanya berkhasiat untuk meredakan nyeri sendi, lengkuas juga dapat mengatasi edema, penyakit radang usus , dan gangguan peradangan lainnya.

5. Mengatasi diare

Manfaat lengkuas berikutnya adalah dapat mengatasi diare. Kandungan antimikroba di lengkuas ini berperan aktif dalam membunuh dan membasmi bakteri patogen penyebab diare.

Sehingga, dengan mengonsumsi lengkuas dapat meredakan penyakit diare yang sedang dialami.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut