Pendaftar Calon Jamaah Haji di Sidoarjo Turun Drastis

Ichwan
.
Senin, 21 Maret 2022 | 20:00 WIB
Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasruddin. (Foto : istimewa).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Pendaftar calon jemaah haji (calhaj) di Kabupaten Sidoarjo turun drastis. Data Kemenag Sidoarjo menyebut, sejak awal Januari 2022 hingga hari ini jumlahnya hanya 657 pendaftar.

"(Pendaftar) turun hampir 65 persen," kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasruddin, Senin (21/3/2022).

Menurut dia, pandemi Covid-19 mejadi salah satu faktor berkurangnya pendaftar calhaj di Kota Delta.

"Itu (pendaftar) termasuk sudah berkurang pendaftarnya dibanding masa normal dulu," jelasnya.

Beda dengan ibadah umroh, Rohmat menyebut bahwa jemaah umroh yang terdata sejak awal Januari 2022 hingga saat ini sebanyak 750 jemaah.

"Itu yang terdata di Kemenag Sidoarjo. Itu (jumlah) termasuk kemaren Senin (14/3/2022) yang diberangkatkan lewat Bandara Juanda," ucapnya.

Meski demikian, Rohmat menilai, jemaah Umroh diperkirakan akan meningkat, apalagi sejak dibukanya penerbangan via Bandara Juanda, apalagi saat ini menjelang bulan Ramadan.

"Banyak travel umrah yang mengadakan kegiatan umrah saat Ramadan. Mulai awal Ramadan hingga Lebaran,” ungkap alumni MAKN Denanyar, Jombang itu.

Saat ini saja, lanjut dia, ada sekitar sepuluh warga yang mengajukan rekomendasi untuk umrah di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo yang berada di Jalan Monginsidi No.3, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Sidoarjo itu.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini