get app
inews
Aa Read Next : Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk Kontainer di Balongbendo Sidoarjo

Sempat Ditutup Akibat Longsor, Ruas Tol Surabaya-Malang Bisa Diakses Lagi

Rabu, 09 Maret 2022 | 14:04 WIB
header img
Petugas membersihkan material longsor yang sempat menutup ruas Tol Pandaan-Malang, Selasa (8/3/2022) malam. (Foto: MPI/Avirista Midaada).

MALANG, Sidoarjo.iNews.id - Ruas tol Pandaan-Malang akhirnya bisa diakses kembali, Rabu (9/3/2022). Akses penghubung dua arah Surabaya-Malang tersebut sebelumnya tertutup material longsor.

"Jalur Surabaya-Malang sempat ditutup, sudah dibuka kembali," kata Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) Netty Renova dilansir dari Jatim.iNews.id, Rabu (9/3/2022).

Netty mengungkapkan, semua material yang menutupi akses tersebut sudah dibersihkan. Ia menjelaskan, tiga alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor.

Material longsor berupa tanah dan bebatuan memang membuat ruas jalan tol di KM 78+900 tertutup sehingga arus kendaraan dari Surabaya harus dialihkan keluar pintu tol Purwodadi, Pasuruan.

"Akses jalan tol pun kembali normal khususnya di KM 78.00 sampai dengan KM 79.00 sejak pukul 04.15 WIB," katanya.

Meski demikian, pihaknya memasang sejumlah rambu lalu lintas di beberapa titik demi keamanan pengendara yang melintas, berupa water barrier dan rubbercone di sepanjang KM 78.200 sampai dengan KM 79.00 A.

"Sudah aman jalur Surabaya-Malang untuk dilintasi dan full perambuan WB (water barrier) dan RC (rubbercone) dari KM 78.200 sampai dengan KM 79.00 A," ujarnya.

Meski kondisi aman, Netty mengimbau agar pengendara yang melintas berhati-hati saat melintasi lokasi titik longsor, khususnya saat memasuki KM 78.00 sampai 79.00 A.

"Tetap hati-hati, kurangi kecepatan masuk KM 78.00 sampai dengan 79.00 A," katanya.

Diketahui, akses Jalan Tol Pandaan-Malang longsor di tiga titik tepatnya di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, pada Selasa sore (8/3/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

Longsor terjadi akibat hujan sangat deras sejak pukul 14.50 WIB. Akibatnya pengelola tol terpaksa menutup dan mengalihkan dua jalur to baik dari Surabaya ke Malang, maupun Malang ke Surabaya.

Jalur dari Malang ke Surabaya mulai bisa dilintasi sejak pukul 17.50 WIB, sedangkan jalur Surabaya menuju Malang hingga Rabu dini hari dialihkan keluar pintu tol Purwodadi.

Artikel ini telah tayang di Jatim.iNews.id dengan judul : "Ruas Tol Pandaan-Malang Kembali Dibuka Usai Ditutup Karena Longsor".

Baca artikel ini : https://jatim.inews.id/berita/ruas-tol-pandaan-malang-kembali-dibuka-usai-ditutup-karena-longsor

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut