get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Perpustakaan Digital Solusi Membaca Saat Pandemi Covid-19

Minggu, 27 Februari 2022 | 15:04 WIB
header img
Suasana Perpustakaan Digital di RT 23 RW VII, Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo Kota ( foto : istrimewa )

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Perkembangan teknologi informasi terus melaju dan mengubah banyak hal. Termasuk dunia perpustakaan yang kini beralih dari perpustakaan  konvensional dengan bentuk buku nyata menjadi perpustakaan digital. 

Salah satu yang telah mengembangkan perpustakaan digital di Sidoarjo adalah RT 23 RW VII, Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo Kota atau yang dikenal dengan Kampung Edukasi Sampah.

Seksi Pendidikan dan Ketrampilan Kampung Edukasi Sampah Esther Ernawati mengatakan, perpustakaan digital dimulai saat pandemi covid-19 merebak sekitar dua tahun lalu. “Awalnya kami telah punya perpustakaan konvensional. Nah agar anak-anak tidak datang dan saling bersentuhan, kami mengajukan bantuan ke Pelindo III untuk mengubah perpustakaan konvensional menjadi digital,” tuturnya, Sabtu (26/2/2022) sore.

Nah dengan perpustakaan digital, menurut Esther, anak-anak tidak lagi berkerumun di dalam ruangan. “Mereka bisa membaca buku digital di taman sekitar gedung perpustakaan. Bisa klesetan santai atau duduk di gasebo,” jelasnya. 

Buku-buku digital di perpustakaan ini masih terbatas buku kurikulum anak-anak SD sampai SMA, namun akan ditambah jumlah maupun ragamnya.

Esther lalu menceritakan cara kerja perpustakaan digital ini. Awalnya pengguna harus membuka aplikasi Perpustakaandigital.id. “Setelah itu anak-anak bisa mengakses secara offline lewat server lokal kami dengan maksimal radius sekitar 75 meter,” urainya. 

Selain buku cerita, perpustakaan digital di Kampung Edukasi Sampah ini  menyediakan buku digital Kurikulum 2013 (K 13), buku audio serta film. “Karena masih pandemi, pengguna perpustakaan kami masih terbatas di satu RT 23 saja. Tapi semoga saja pandemi segera berakhir dan penikmat buku digital kami bisa lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Keberadaan perpustakaan digital ini disambut riang oleh Sekar Mayang Kinasih. Siswi kelas VIII SMP Insan Kamil ini terlihat asyik membaca hikayat Kalilah dan Dimnah. “Perpustakaan menjadikan saya lebih mudah membaca karena tidak harus kemana-mana menenteng buku. Kini lewat ponsel sudah bisa,” ucapnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut