get app
inews
Aa Read Next : Disambut Lagu Atuna Tufuli, Anak-anak Palestina Kunjungi Masjid Jogokaryan

Motaz Azaiza, Jurnalis Foto Palestina Memenangkan Freedom Prize

Kamis, 06 Juni 2024 | 13:51 WIB
header img
Motaz Azaiza memenangkan Freedom Prize. Foto/Instagram

GAZA, iNewsSidoarjo - Motaz Azaiza mendapatkan penghargaan Freedom Prize pada sebuah upacara di Caen, Prancis. Penghargaan itu sebagai apresiasi atas karyanya yang mendokumentasikan perang di Gaza.

Menurut penyelenggara di wilayah Normandia, Prancis, Freedom Prize mengundang mereka yang berusia antara 15 dan 25 tahun dari Prancis dan seluruh dunia untuk memilih orang atau organisasi inspiratif yang telah berkomitmen dalam perjuangan kebebasan yang patut dicontoh.

Berbasis di Gaza selama beberapa bulan pertama perang Israel di wilayah Palestina, Azaiza membangun banyak pengikut di media sosial karena laporan video hariannya dan foto-foto serangan pasukan Israel dan penderitaan rakyat Palestina.

Sebelumnya, Reporters Without Borders (RSF) menominasikan jurnalis terkemuka Palestina, yang tanpa kenal lelah melaporkan kejahatan perang Israel yang dilakukan di Gaza, untuk menerima hadiah kebebasan pers dunia yang didambakan UNESCO, Guillermo Cano.

Pengawas kebebasan pers internasional mengatakan dalam siaran pers yang diterbitkan bahwa mereka mendesak UNESCO untuk memberikan Hadiah Kebebasan Pers Dunia Guillermo Cano tahun ini kepada empat warga Palestina.

RSF menambahkan bahwa ini akan menjadi penghormatan yang pantas “atas kerja luar biasa para reporter Gaza sejak 7 Oktober” dikutip dari sindonews.com pada Rabu (5/6/2024).

Sejak saat itu, Israel tidak menunjukkan kata menyerah dalam serangan gencarnya di Jalur Gaza yang terkepung. Kantor Media Gaza melaporkan bahwa setidaknya 124 jurnalis dan pekerja media telah terbunuh sejak 7 Oktober.

Dalam sebuah pernyataan, Sekretaris Jenderal RSF, Christophe Deloire, mengatakan bahwa pencalonan empat jurnalis Palestina adalah untuk memberikan peringatan kepada UNESCO. Deloire menambahkan bahwa “Wartawan Gaza memberikan hidup mereka demi hak atas informasi.

Mereka harus didukung, mereka harus dilindungi, dan mereka harus dihormati.” Para calon yang diajukan termasuk kepala biro Gaza yang gigih di Al Jazeera, Wael Dahdouh. RSF menggambarkan Dahdouh sebagai “contoh utama ketahanan dan pembelaan kebebasan jurnalistik, dia tidak pernah berhenti melaporkan berita, meski kehilangan orang yang dicintainya.” Pada tanggal 7 Januari Al Jazeera menyampaikan berita kematian putra sulungnya, Hamza Al Dahdouh yang berusia 27 tahun, akibat serangan udara Israel yang fatal. Serangan drone yang ditargetkan menghantam kendaraan yang ditumpangi Hamzah dan juga menewaskan rekannya, Mustafa Thuraya.

Pada bulan Oktober, pemboman Israel tanpa ampun membunuh istrinya, Amna, putranya yang berusia 15 tahun, Mahmoud, putrinya yang berusia tujuh tahun, Sham, dan cucunya yang berusia satu tahun, Adam.

Pada bulan Januari, Dahdouh mendarat di Qatar untuk menerima perawatan medis setelah mengalami cedera akibat serangan udara Israel. Mantan penerjemah lepas dan fotografer yang menjadi jurnalis foto, Motaz Azaiza, juga masuk nominasi.

Pria berusia 24 tahun itu kehilangan 15 anggota keluarganya pada bulan Oktober akibat serangan Israel. Namun, fotografer muda ini tanpa lelah mendokumentasikan pemandangan meresahkan akibat agresi brutal Israel melalui fotografinya.

Pada bulan Januari, dia mengumumkan bahwa setelah 108 hari melakukan liputan ekstensif, dia akan dievakuasi ke Qatar. RSF juga menominasikan Aseel Mousa – seorang jurnalis lepas Palestina yang berbasis di Gaza dan salah satu reporter terakhir yang masih bekerja di Jalur Gaza.

Karyanya, yang menyoroti tekanan yang dihadapi oleh perempuan Palestina yang hamil di tengah kehancuran sektor kesehatan di Gaza, telah ditampilkan di media seperti Al Jazeera, The Intercept, dan Middle East Eye. Koresponden RSF di Gaza sejak 2018, Ola Al Zaanoun, juga masuk nominasi.

Perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh Israel memaksa dia, suami dan anak kembarnya mengungsi ke Khan Younis pada 13 Oktober. Kemudian, pada 24 Oktober, Al Zaanoun mengalami cedera kaki di tengah penembakan Israel dan dirawat di Rumah Sakit Nasser. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut