get app
inews
Aa Read Next : Kloter Pertama Jemaah Haji Embarkasi Jawa Timur Berangkat dari Bandara Juanda

Bandara Juanda Tambah Jam Operasional Jadi 19 Jam, Siap Layani Lebih Banyak Penerbangan dan Penumpan

Rabu, 06 Maret 2024 | 18:03 WIB
header img
Suasana Bandara Internasional Juanda. (Foto:isw)

SIDOARJO, iNews.id - Sejak 1 Maret 2024, Bandar Udara Internasional Juanda resmi memperpanjang jam operasionalnya menjadi 19 jam, dimulai dari pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Penambahan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penerbangan dan penumpang di bandara tersibuk kedua di Indonesia ini.

Sisyani Jaffar, General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, mengatakan bahwa penambahan jam operasional ini merupakan respons terhadap meningkatnya permintaan penerbangan dan penumpang.

"Alhamdulillah, mulai Maret ini Bandara Juanda menambah jam layanan operasional menjadi 19 jam. Sebelumnya, bandara hanya beroperasi selama 17 jam. Baik dari segi fasilitas maupun SDM, kami sudah siap untuk beroperasi 24 jam," ujar Sisyani.

Sisyani optimis bahwa penambahan jam operasional ini akan mendorong maskapai penerbangan untuk menambah frekuensi penerbangan atau membuka rute baru, baik domestik maupun internasional.

"Dengan penambahan jam operasional ini, kami membuka kesempatan bagi maskapai untuk menambah frekuensi penerbangan atau membuka rute-rute baru," jelasnya.

Hingga Februari 2024, Bandara Juanda telah melayani 2.132.815 penumpang dengan 14.801 pergerakan pesawat. Jumlah ini menunjukkan peningkatan dibandingkan periode yang sama di tahun 2023, yaitu 2.101.995 penumpang dan 14.794 pergerakan pesawat.

Pengiriman kargo juga mengalami kenaikan signifikan, yaitu sebesar 22% dibandingkan tahun 2023. Pada Februari 2024, total pengiriman kargo mencapai 12.055.693 kg, dengan 9.347.965 kg di antaranya merupakan kargo domestik.

"Pengiriman kargo internasional masih didominasi oleh tujuan Hongkong, Singapura, dan Kuala Lumpur. Komoditas yang paling banyak dikirim adalah paket dan dokumen," ungkap Sisyani.

Penambahan jam operasional Bandara Juanda diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur dan Indonesia secara keseluruhan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut