get app
inews
Aa Read Next : Jenazah di Kota Batu Dikubur dalam Rumah, Gemparkan Warga

Belasan Pejuang Kemerdekaan di Surabaya hingga Kini Tinggal di Bungker Belanda

Kamis, 17 Agustus 2023 | 19:47 WIB
header img
Totok, anak keluarga pejuang kemerdekaan di Surabaya ini harus tinggal di bunker peninggalan zaman penjajahan Belanda. (Foto: iNews/Nur Syafei)

SURABAYA, iNews.id – Ditengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-17, Kondisi miris dialami belasan keluarga pejuang kemerdekaan di Kota Surabaya.

Mereka harus tinggal di bangunan bunker yang sebelumnya digunakan sebagai tempat persembunyian dan gudang amunisi oleh tentara Belanda.

Kendati bangunan tidak layak huni, sebanyak 15 kepala keluarga anak cucu para pejuang yang masih betah menempati bangunan di kompleks bunker tersebut.

Mereka mengaku tinggal di bunker sejak tahun 1950-an setelah Belanda diusir dari Indonesia.

Melangsir dari iNewsJatim, salah satunya Toto Raharjo, anak pejuang kemerdekaan ini sejak lahir 1959 hingga saat ini masih menempati komplek bunker bersama istri dan anaknya.

Toto mengaku masih menempati bangunan bunker sebagai tempat tinggal karena belum mempunyai rumah.

“Sejak lahir samapi punya keluarga saya tinggal di bunker ini. Ya, mau bagaimana lagi wong belum punya rumah sendiri,” ucap Toto, Kamis (17/8/2023).

Toto berharap pemerintah bisa memerhatikan nasib anak-anak para pejuang kemerdekaan. “Pengennya sih punya rumah yang layak untuk saya dan keluarga,” ucapnya.

Bunker di Jalan Rajawali, Kota Surabaya itu hingga saat ini masih berdiri kokoh. Setelah Belanda kalah, bunker itu difungsikan sebagai kantor cacat veteran Kota Surabaya sekaligus dijadikan tempat tinggal anak keluarga pejuang kemerdekaan.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut