get app
inews
Aa Read Next : Pelajar SMPN 1 Prambon Tewas dalam Kecelakaan Adu Banteng di Sidoarjo

Kirim SMS Nyasar, Korban Gempa Turki Ini Diselamatkan dari Reruntuhan Bangunan 7 Lantai

Sabtu, 11 Februari 2023 | 16:34 WIB
header img
Mustafa Sami Sahin diselamatkan dari reruntuhan bangunan 7 lantai yang ambruk akibat gempa Turki setelah SMS nyasar ke sepupunya (Foto: Anadolu).

ANKARA, iNewsSidoarjo.id - Gara-gara SMS nyasar, Mustafa Sami Sahin, korban gempa reruntuhan bangunan tujuh lantai yang ambruk akibat gempa bumi bermagnitudo 7,8 di Turki akhirnya diselamatkan.

Pria 33 tahun itu sebelumnya terperangkap selama 102 jam atau sekitar 5 hari pasca kejadian gempa hingga akhirnya diselamatkan tim SAR setelah bangunan tempat tinggalnya di Distrik Elbistan, Provinsi Kahramanmaras, runtuh.

Sebelum diselamatkan, ia berupaya menyelamatkan diri dengan kemampuannya. Beruntung Sahin masih memegang ponsel dan berupaya mengirim pesan SMS darurat ke siapa pun agar menolongnya.

Namun karena terjebak di reruntuhan yang dalam, tak ada satu pun pesan yang berhasil keluar. Namun Allah SWT punya kehendak lain, tanpa disadari ponselnya terpencet dan mengirim pesan yakni angka '8' ditujukan ke nomor sepupu Sahin.

Pesan itu memang tak langsung diterima oleh sepupunya, namun setelah beberapa hari. Setelah pesan itu diterima, sang sepupu langsung memberi tahu tim SAR bahwa saudaranya mungkin masih hidup dan terjebak reruntuhan bangunan.

"Itu bukan SMS yang disengaja. Tak satu pun pesan yang saya coba kirim terkirim. Pesan konyol terkirim ke sepupu saya di Tekirdag secara kebetulan," kata Sahin, kepada Anadolu.

"Sampai adanya SMS itu, tidak ada satu pun orang yang tahu apakah saya berada di bawah reruntuhan, hidup atau mati, atau di tempat lain," ujarnya, menambahkan.

Dia menceritakan posisinya saat itu terperangkap di tangga. Setelah gempa terjadi dan bagunan runtuh, muncul dalam pikirannya tak akan selamat.

"Saya sering mempertanyakan, apakah lebih baik saya mati atau tetap hidup," ujarnya.

Sahin merupakan satu dari sekian banyak keajaiban gempa Turki. Banyak orang tertimbun reruntuhan yang berhasil diselamatkan meski beberapa hari kemudian. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan bayi.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, berikut link beritanya :

https://www.inews.id/news/internasional/kisah-korban-gempa-turki-diselamatkan-dari-reruntuhan-bangunan-7-lantai-gegara-sms-nyasar

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut