Hilangkan Trauma, Penghuni UPT Rehsos Pemkab Sidoarjo Ikuti Latihan Trauma Healing

Ichwan
.
Rabu, 21 September 2022 | 23:23 WIB
Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Misbahul Munir ketika berdialog dengan penghuni UPT Rehabilitasi Sosial setempat. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Penghuni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Dinas Sosial Pemkab Sidoarjo mengikuti latihan trauma healing atau memulihkan emosi korban dari ketakutan di masa lalu. Pelatihan kali ini, Rabu (21/9/2022) dibimbing dari psikologi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

Kepala Dinas Sosial Sidoarjo Misbahul Munir menyatakan, kegiatan itu diberikan sebagai bentuk pelayanannya kepada para penghuni penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Kegiatan seperti ini selalu kita lakukan untuk menjamin kehidupan mereka lebih baik dan untuk menumbuhkan semangat mereka dalam menjalani kehidupan yang lebih baik lagi ditengah-tengah masyarakat nantinya," ucapnya.

Menurut Misbah, para penghuni Rehsos itu harus kembali kemasyarakat sesuai fitrahnya sebagai mahluk sosial. Untuk itu, lanjut dia, upaya menumbuhkan semangat mereka untuk kembali bersosialisasi di tengah masyarakat dilakukannya.

"Melalui kegiatan trauma healing secara rutin, perlahan akan menumbuhkan daya ingat dan semangatnya untuk kembali berkeinginan hidup bermasyarakat," sampainya.

Selain pelatihan, Misbah juga berinterkasi langsung tentang keadaan penghuni. Mulai dari Lansia sampai ODGJ, ia ajak berinteraksi langsung. Meski ia tahu kadang mereka tidak nyambung kalau diajak berbicara. Namun itu dilakukannya untuk membuat keberadaan mereka merasa diterima.

"Interaksi dengan warga binaan perlu dilakukan, selain untuk mengetahui kesehatan fisik maupun mental mereka, juga untuk membuat mereka merasa diterima keberadaannya oleh kita," sampainya.

"Jangan sampai mereka yang sudah memiliki permasalahan tersendiri, kita tambah dengan permasalahan akan keberadaan mereka disini," tambahnya.

Editor : Nanang Ichwan
Bagikan Artikel Ini