Logo Network
Network

Menteri BUMN Erick Thohir: Pekerja Migran Dipastikan Dapat KUR

Suparjo Ramalan , iNews
.
Selasa, 13 September 2022 | 12:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir: Pekerja Migran Dipastikan Dapat KUR
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendapat akses pembiayaan dari Himbara.

Misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR). Melangsir dari okezone.com Erick mendorong agar Himbara mendukung akses pendanaan atau kredit bagi PMI, salah satunya melalui PT Bank Negara Indonesia Tbk, (BNI).

"Negara hadir melalui BUMN untuk mendukung dan melindungi PMI. Antara lain dengan pelayanan perbankan, KUR, fast track, serta lounge nyaman di bandara Angkasa Pura II," ujar Erick melalui akun Instagram, dikutip Selasa (13/8/2022).

Hingga Juni 2022 BNI telah membuka rekening khusus senilai Rp1,1 triliun untuk 181.000 PMI. Lebih jauh Erick mencatat, BNI telah menyalurkan Rp816 miliar kepada 45.000 Kredit Usaha Rakyat (KUR) PMI sejak 2015.

Hal ini membuat BNI berkontribusi atas 95% penyaluran KUR nasional PMI.

"Sejak awal, saya dengan Pak Benny memberikan dorongan, pendanaan dengan BNI daripada terjebak lintah darat yang Pak Benny bilang mafia, lalu juga ketika pulang mereka sudah terdaftar di data bank sehingga mereka bisa usaha sendiri nanti," ungkapnya.

Tak hanya BUMN di sektor perbankan, Erick juga memastikan perusahaan pelat merah di sektor lain akan mendukung para PMI.

Dia mencontohkan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II dan PT Garuda Indonesia Tbk. Kedua perusahaan ini dinilai memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan menyediakan PMI Lounge, sebagai jalur cepat keimigrasian khusus bagi para PMI.

Lalu, menyediakan penerbangan tambahan khusus untuk memfasilitasi penerbangan PMI ke Korsel. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini