Buka Penyelenggaraan AKI 2022 di Sidoarjo, Ini Pesan Menparekraf Sandiaga Uno

Yoyok Agusta
.
Jum'at, 02 September 2022 | 20:48 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Ketua Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo Sa'adah ketika membuka penyelenggaraan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di Lippo Plaza Sidoarjo. (Ft : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno meminta pemerintah daerah berpihak kepada pelaku UMKM lewat pemberian bantuan pendanaan murah serta membantu penayangan produk-produk UMKM di e-katalog dan menyerap produk UMKM.

Pernyataan itu disampaikan Sandiaga Uno ketika membuka penyelenggaraan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang digelar di Lippo Plaza Sidoarjo. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo Sa'adah hadir dalam kesempatan itu.

Perlu diketahui, Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu dari 16 kabupaten/kota di Indonesia penyelengaraan Program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenparekraf RI itu. Acara tersebut berlsangung sampai 4 September 2022.

Sandiaga Uno menyampaikan AKI menjadi salah satu program pengembangan ekonomi kreatif. Program itu berhasil. Itu terbukti pada penyelenggaraannya AKI yang pertama di tahun 2021 lalu.

Para pelaku ekonomi yang ikut dalam AKI 2021 dapat bangkit sampai hari ini. Omset penjualan produknya meningkat setelah mengikuti AKI.

"Ditahun 2021 sudah membuktikan peningkatan omset dari para pelaku ekonomi kreatif dan sudah banyak yang bertemu dengan investor, tadi waktu saya kunjungi stan pameran, ternyata sudah banyak yang mendapatkan pendanaan dari investor untuk usahanya," ucapnya.

Sandiaga juga mengatakan AKI dapat menjadi wadah kolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif. Melalui AKI diharapkan akan membuka lapangan kerja baru yang ditargetkan 1 juta usaha ditahun 2022. Ditahun 2024, Sandiago menargetkan akan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru melalui UMKM yang ada.

"Saya ingin menyampaikan pesan dari bapak presiden Joko Widodo, bapak presiden ingin UMKM harus terus didukung agar mereka semua naik kelas, oleh karena itu AKI memastikan bukan hanya Start Up tapi skill up," ujarnya.

Sandiaga juga mengatakan digitalisasi ekonomi harus melahirkan perusahan-perusahaan yang maju. Saat ini sudah ada dua decacorn yang lahir. Perusahaan itu yakni GoTo dan JNE exspress. Serta terdapat 9 unicorn yang terus membantu pemberdayaan UMKM.

Editor : Nanang Ichwan
Bagikan Artikel Ini