Logo Network
Network

Genting Bertenaga Surya Berbasis loT Diciptakan Mahasiswa UGM

Kuntadi
.
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 17:35 WIB
Genting Bertenaga Surya Berbasis loT Diciptakan Mahasiswa UGM
Mahasiswa UGM menciptakan genteng yang dilengkapi dengan panel surya (Smart Rooftop). (foto: istimewa)

SLEMAN, iNewsSidoarjo.id - Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan genting fotovoltaik pintar yang diberi nama Smart Rooftop.

Genting tersebut dikembangkan dengan sel surya berbasis internet of things (IoT) yang dilapisi self cleaning glass. Genting itu dirancang oleh Nifwan Arbi Nugroho, Lathief Nurmahmudi Wijaya, Muhammad Rafif Taqiyuddin, dan Maulana Istar yang merupakan Fakultas Teknik.

Mereka dibimbing oleh dosen Ahmad Agus Setiawan. Ini merupakan inovasi Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) yang didanai dari Kemendikbudristek.

Nifwan mengatakan smart rooftop ini hampir sama dengan genting pada umumnya. Bedanya genting ini dilengkapi sel surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi listrik yang dilengkapi dengan self-cleaning glass.

Fungsinya agar kotoran yang menempel pada permukaan mudah untuk dibersihkan.

“Dengan teknologi IOT, proses perawatan secara secara otomatis dari gawai dan performa smart rooftop serta keadaan lingkungan sekitar dapat teramati,” katanya, Jumat (26/8/2022).

Pengembangan genting ini merupakan salah satu upaya dalam pewujudkan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Sementara potensi energi surya masih rendah dan baru 0,05 persen yang dimanfaatkan.

“Produk smart rooftop ini untuk mengoptimalkan potensi energi surya di Indonesia,” ujarnya.

Lathief mengatakan, smart rooftop dengan self-cleaning glass menjadikan pemeliharaan lebih mudah. Hanya dengan siraman air, kotoran digenting akan ikut terbawa. Produk ini juga terintegrasi dengan IoT yang dilengkapi alat penyiram air yang terhubung dengan perangkat ponsel.

“Pemeliharaanya akan lebih mudah, dan bisa otomatis saat tidak ada hujan,” katanya.

Genting ini juga dilengkapi dengan sensor suhu, sensor hujan, sensor kelembapan, sensor cahaya LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor daya yang membuat pengguna dapat mengetahui kondisi smart rooftop dan lingkungan sekitar.

“Ini akan kami kembangkan dengan fitur yang lebih beragam. Harapannya bisa diproduksi massal agar bermanfaat,” katanya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.