get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Ini Profilnya, Pesawat Tempur T50i Golden Eagle yang Cetak Penerbang Andal

Selasa, 19 Juli 2022 | 11:35 WIB
header img
Puing-puing serpihan pesawat T-50i Golden Eagle di pegunungan, Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan Blora. (Istimewa)

MADIUN, iNewsSidoarjo.id - Pesawat tempur T50i Golden Eagle yang jatuh di Blora Jawa Tengah, Senin (18/7/2022) malam bermarkas di Skuadron 15 Lanud Iswahyudi, Magetan.

Pada Agustus 2020 lalu pesawat jenis ini juga jatuh di Lanud Iswahyudi dan membuat pilotnya Letkol Anumerta Luluk Teguh Prabowo meninggal dunia.

Melangsir dari iNews.id kendati Skuadron 15 TNI AU, tempat pesawat T50i Golden Eagle bermarkas merupakan pencetak para pilot andal.

Banyak pucuk pimpinan di TNI AU yang berasal dari skuadron ini, berikut profilnya: Para penerbang Pesawat Tempur T50i di Sekuadron 15 Lanud Iswahyudi bukanlah pilot sembarangan. Ada standart operasional prosedur (SOP) yang harus di lalui para penerbang tempur di skuadron ini.

Sebelum menerbangkan pesawa mereka harus menjalani tes kesehatan hingga dinyatakan lolos dan bisa menerbangkan pesawat.

Sebelum menaiki pesawat, para penerbang tempur penjaga langit Nusantara ini harus memakai sejumlah kelengkapan safety flight sebagai penerbang tempur pada baju pilot yang dipakainya.

Setelah semuanya siap para pilot akan menuju hanggar tempat pesawat T50i Golden Eagle bermarkas. Saat itu sejumlah kru menyambut para pilot.

Saat semua dirasa cukup, baru penerbang tempur ini menaiki pesawat, kemudian menyalakam mesin dan terbang berpatroli menjaga kedaulatan udara NKRI.

Sejarah mencatat para pendahulu Skuadron 15 pernah menjadi pucuk pimpinan TNI AU, di antaranya Marsekal Imam Syufaat, Marsekal Agus Supriyatna dan terakhir Marsekal Yuyu Sutisna.

Diketahui, pesawat tempur milik TNI AU jatuh di wilayah pegunungan, Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Senin (18/7/2022) malam.

Penemuan puing-puing serpihan pesawat jenis T50i Golden Eagle sempat menggegerkan warga Blora. Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi Mayor Sus Yudha Pramono mengatakan bahwa pesawat jenis T-50i Golden Eagle tersebut hilang kontak saat dalam latihan. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut