Logo Network
Network

Ratusan Korban Lumpur Sholat Idul Adha di Lapangan Dekat Semburan Lumpur Sidoarjo

Yoyok Agusta
.
Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:55 WIB
Ratusan Korban Lumpur Sholat Idul Adha di Lapangan Dekat Semburan Lumpur Sidoarjo
Ratusan umat Islam warga korban lumpur Sidoarjo, menunaikan sholat Idul Adha di lapangan Masjid Nurul Azar, di Desa Jatirejo, Kecamatan Porong Sidoarjo, hari ini, Sabtu (9/7/22)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Ratusan umat Islam warga korban lumpur Sidoarjo, menunaikan sholat Idul Adha di lapangan Masjid Nurul Azar, di Desa Jatirejo, Kecamatan Porong Sidoarjo, hari ini, Sabtu (9/7).

Mereka memilih lokasi sholat Idul Adha yang tidak jauh dari titik semburan utama lumpur Sidoarjo, karena tempat itu membawa kenangan bagi mereka. Sholat Idul Adha ini pun dijadikan momen silaturahmi warga korban lumpur.

"Jamaah yang ikut menunaikan salat Idul Adha ini merupakan warga korban lumpur, yang tinggal di berbagai daerah. Sholat ini dijadikan momentum ajang silaturahmi," kata Muhammad Mirdasy Takmir Masjid Nurul Azar, Sabtu (9/7/2022).

lebih jauh Mirdasy menjelaskan, setelah sebagian wilayahnya di Kecamatan Porong yang terdampak karena adanya semburan lumpur. Ratusan warga yang dulunya satu desa atau satu kelurahan, mereka terpisah, dan kini menetap di berbagai wilayah di Sidoarjo, bahkan banyak dari mereka kini menetap di Pasuruan.

"Sebenernya kami menghimbau menunaikan salat Idul Adha itu ditempatnya masing-masing. Namun mereka tetap meminta untuk bisa menunaikan salat supaya ada forum, dengan alasan lama tidak ketemu," jelas Mirdasy.

Mirdasy menambahkan, setelah selesai menunaikan salat Idul Adha mereka akan bergotong royong menyembelih hewan kurban. Kemudian dibagikan di lingkungan masjid dan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

"Ini bagian dari pada upaya kami tetap menjaga silaturahmi, selain itu ibadahnya tidak kehilangan makna. Kami berharap warga kurban lumpur tetap menjaga kebersamaan, warga kurban lumpur yang lahir dan di besarkan di sekitar kampung ini," pungkasnya

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.