get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Segini Harta yang Diungkap, Saat PNS hingga YouTuber yang Ikut Tax Amnesty Jilid II

Jum'at, 01 Juli 2022 | 22:09 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani mengatakan, yang mengikuti program tax amnesty jilid II, mulai dari pengusaha, PNS hingga YouTuber.

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan berdasarkan data akhir Program Pengungkapan Sukarela atau tax amnesty jilid II, yang mengikuti program ini mulai dari pengusaha, PNS hingga YouTuber.

Adapun kalangan pengusaha/pegawai swasta mengungkapkan harta sebesar Rp300,04 triliun.

Melangsir dari iNews.id sementara itu, untuk jasa perorangan lainnya sejumlah Rp59,16 triliun, perdagangan eceran senilai Rp13,66 triliun, PNS sebesar Rp9,72 triliun dan real estat Rp9,48 triliun.

"Jasa perorangan lain ini seperti dokter, lawyer, notaris, penyanyi, youtuber, pekerja pribadi," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Jumat (1/7/2022).

Diketahui program tax amnesty jilid II yang digelar selama 6 bulan sejak 1 Januari hingga 30 Juni 2022 berhasil mengungkap harta bersih sebesar Rp594,82 triliun.

Pembayaran kewajiban dari harta yang diungkapkan dalam bentuk PPh sebesar Rp61,01 triliun. Mayoritas jenis harta berasal dari uang tunai Rp263,15 triliun, setara kas Rp75,43 triliun, tabungan Rp59,97 triliun, deposito Rp36,44 triliun, dan tanah bangunan Rp26,35 triliun.

Selama 6 bulan DJP telah berupaya mengajak wajib pajak bergabung ikut tax amnesty jilid II dengan cara sosialisasi di seluruh media sosial, persuasi dan penyuluhan melalui stand yang tersedia di beberapa titik hingga mengirimkan email kepada seluruh wajib pajak.

"Saya pun nerima dari Pak Suryo (Direktur Jenderal Pajak), diingatkan kalau saya masih punya harta yang belum kita disclose. Hampir semuanya mendapatkan surat email dari Direktorat Jenderal Pajak. Email itu dikirim karena memang mereka punya database dari SPT," tuturnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut