Ngeri! Berikut Faktanya Jika Bom Nuklir Meledak

Tika Vidya Utami
Penampakan awan jamur sebagai efek dari uji coba pertama bom hidrogen pada 1952. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Apa yang terjadi jika bom nuklir meledak? Mungkin ada beberapa dari kalian yang punya pertanyaan seperti itu. Namun kita sama-sama berdoa, jangan sampai peristiwa seperti itu terjadi di masa depan.

Terdapat beberapa negara yang mempunyai teknologi senjata nuklir, dan dianggap sebagai kekuatan dunia dan ditakuti oleh negara lainnya. Namun, kehebatan dari senjata nuklir ini juga mengundang sejumlah kontroversi.

Melangsir dari inews.id Kamis (9/6/2022) Organisasi di dunia banyak yang menolak dengan keras serta meminta siapa pun untuk menghentikan pengembangan senjata nuklir demi kelangsungan masa depan.

Lalu apa yang terjadi jika sebuah bom nuklir atau bom atom diledakkan? Disarikan dari berbagai sumber, bom nuklir menggunakan reaksi yang melibatkan inti atom untuk menghasilkan energi yang besar.

Reaksi yang digunakan di bom nuklir adalah reaksi fisi. Inti atom dipicu untuk membelah untuk menghasilkan dua atom berbeda serta energi.

Ketika sebuah bom nuklir diledakan di suatu tempat, maka akan menghancurkan segala sesuatu yang berada di bawahnya. Zona ledakan utama ditandai dengan adanya nyala api yang panas yang akan menghancurkan bangunan, benda, serta makhluk hidup yang berada di bawahnya.

Diketahui, bom nuklir mengandung sejumlah radiasi yang terdiri dari berbagai zat berbahaya yang akan lepas ke udara ketika efek ledakan berakhir.

Radiasi tersebut menimbulkan berbagai dampak, seperti dapat membunuh atau membuat tubuh manusia yang terpapar menjadi panas hingga mengalami luka bakar.

Ledakan nuklir juga menghasilkan ledakan udara (shockwave) yang akan menyapu apa pun yang berada di radiusnya dengan empasan angin yang cepat.

Efek tersebut dapat dirasakan oleh wilayah terdampak seperti robohnya bangunan, pecahnya gendang telingga hingga kerusakan paru-paru. Selain itu, dampak langsung dari ledakan nuklir adalah radiasi suhu panas.

Wilayah yang terdampak radiasi suhu panas akan diselimuti cahaya ultraviolet yang akan membakar siapa pun yang berada dalam radius cahayanya.

Tak hanya menimbulkan dampak jangka pendek, bom nuklir juga mempunyai dampak jangka panjang. Efek jangka panjang dari ledakan nuklir adalah kehancuran lingkungan yang berdampak pada ekosistem serta masalah kesehatan yang berkepanjangan.

Sebagian besar orang yang terpapar radiasi tidak akan bertahan. Sementara itu, yang selamat dari paparan radiasi akan terkena penyakit seperti kanker.

Mereka yang terpapar juga akan mengalami kerusakan genetik yang akhirnya menimbulkan kecacatan, baik pada yang terpapar secara langsung maupun keturunannya.

Terkait dengan kerusakan lingkungan, wilayah yang terpapar radiasi nuklir tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup dalam jangka waktu puluhan hingga ratusan tahun.

Apabila bom nuklir terjadi pada era modern, dapat terjadi perubahan iklim yang drastis serta tiba-tiba. Ketika zaman es kecil, ledakan bom nuklir mengakibatkan suhu bumi turun 2 derajat Celsius.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network